ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PESERTA DIDIK TERHADAP INSTITUSI PENDIDIKAN

Zul Azhar Azhar

Abstract


ABSTRAK

Institusi pendidikan merupakan bisnis jasa seperti bisnis pada umumnya yang harus mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan. Universitas Pakuan dalam upaya meningkatkan pelayanan senantiasa peka akan perubahan dan harus mampu menyediakan kurikulum yang tepat sesuai dengan kebutuhan user dan mengikuti perkembangan zaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa/konsumen terhadap Universitas Pakuan. Dapat disimpulkan bahwa untuk informasi tentang Uinveritas Pakuan, dominan memilih jawaban baik yang dirata-ratakan 51,25%. Untuk Penilaian terhadap staf pengajar, dominan memilih jawaban baik dengan nilai rata-rata 61.33 %. Untuk penilaian terhadap perpustakaan yang memilih jawaban baik dengan nilai yang diratakan 49,4%. Kebersihan merupakan hal yang krusial karena umumnya memberikan jawan kurang baik atau tidak baik dengan nilai rata-rata masing-masing 47,5% dan 34,25% (81.75% persepsi tidak puas). Untuk ketersediaan lahan parkir umum menjawabnya baik denggan nilai rata-rata 52,5%. Kinerja tata usaha juga sangat menentukan tingkat kepuasan mahasiswa, ternyata memberikan penilaian baik sebesar 58.5%. Untuk sarana dan prasarana penilaian yang diberikan mahasiswa dari 9 item butir peranyaan ternyata yang berikan penilaian yang dominan adalah kutang baik dengan nilai sebesar rata-rata 55%.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen


References


Denis, Walker. 2011. Mendahulukan Kepuasan Pelanggan, Binarupa Aksara, Tangerang Selatan,

Hidayat, Syah. 2010. Pengantar Umum Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Verivikasi, Suska Pers, Pekan Baru.

Nasehudin, Toto Syatori dan Nanang Gozali. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, CV. Pustaka Setia, Jakarta.

Kotler, Philip dan Amstrong. 2009. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, PT. Indeks Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2010. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 , PT. Indeks, Jakarta.

Sarwono, Jonathan. 2012. Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif Menggunakan Prosedur SPSS, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Alfabeta, Bandung.

Sunyoto, Danang. 2013. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran, Konsep, Strategi dan Kasus, CAPS. Yogyakarta.

Sunyoto, Danang. 2013. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran, CAPS, Yogyakarta.

Subagyo, Ahmad. 2010. Marketing in Busines, Mitra Wacana Media, Jakarta.

Tjiptono, Fandi. 2012. Service Managemen, Edisi 2, CV. Andi Offset, Yogyakarta.

Umar, Husein. 2013. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan tesis Bisnis, Raja Grafindo Persada. Yogyakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.34204/jiafe.v1i1.296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.