IDENTIFIKASI PERSEPSI MAHASISWA DALAM MENGAMBIL SERTIFIKASI AKUNTAN PROFESIONAL

Hidayatul Affifah, Andi Kushermanto, Arum Ardianingsih

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini ingin menguji persepsi niat mahasiswa untuk mengambil sertifikasi akuntan profesional sebagai Chartered Accountant (CA), Certified Internal Auditor (CIA), dan Certified Public Accountant (CPA). Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi akuntansi Universitas Pekalongan. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan random sampling pada mahasiswa Universitas Pekalongan. Data penelitian dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji realiabilitas, uji asumsi klasik dan regresi linier berganda. Penelitian menemukan bahwa sikap dan harapan atas hasil memiliki hubungan positif terhadap niat mengambil sertifikasi akuntan profesional. Pemahaman tidak memiliki hubungan terhadap niat mengambil sertifikasi akuntan profesional. Hal ini mengimplikasikan bahwa untuk meningkatkan niat mahasiswa untuk menempuh sertifikasi akuntan profesional maka dapat dilakukan dengan meningkatkan pemahaman mahasiswa terkait sertifikasi akuntan profesional. Selain itu, untuk memotivasi mahasiswa juga perlu meningkatkan pemahaman harapan atas hasil jika menempuh sertifikasi akuntan profesional.

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to examine the perception of students' intentions to take professional accountant certification as a Chartered Accountant (CA), Certified Internal Auditor (CIA), and Certified Public Accountant (CPA). The research subjects were students of the Universitas Pekalongan accounting study program. The research sample was taken using random sampling at Universitas Pekalongan students. Research data were collected by distributing questionnaires. The data analysis technique used validity test, reliability test, classical assumption test and multiple linear regression. The study found that attitudes and outcome expectations had a correlation on the intention to take professional accountant certification. While understanding does not have correlation on the intention to take professional accountant certification. This implies that to increase students' intention to take professional accountant certification, it can be done by increasing students' understanding of professional accountant certification. In addition, to motivate students, it is also necessary to increase understanding of expectations for results when taking professional accountant certification.


Keywords


akuntan profesional; harapan atas hasil; persepsi; sikap

References


Arisudana, I. (2009). Intensi Berbagi Pengetahuan ditinjau dari Ekstraversi, Sikap, Norma Subjektif, dan Kontrol Perilaku yang dipersepsikan. Universitas Gadjah Mada.

Badan Pusat Statistik. (2020). Survey Kependudukan. https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/01/21/1854/hasil-sensus-penduduk-2020.html.

Dewi, I. A. R. P., & Sari, M. M. R. (2018). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Reguler dan Non Reguler Universitas Udayana Terhadap Minat Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 25(3), 22422268. https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v25.i03.p23

Dewi, I. G. A. R. P., Putri, P. Y. A., & Dewi, C. I. R. S. (2018). Niat Untuk Mengambil Sertifikasi Akuntan Dengan Pengujian Theory of Planned Behavior dan Teori Motivasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 3(2), 171192.

Hatta, M., & Riduan, A. (2017). Niat Mahasiswa Akuntansi Berkarir sebagai Akuntan Di Luar Negeri: Pengujian Theory Of Planned Behavior. Jurnal Akuntansi, 7(2), 118.

Hidayat, W., & Nugroho, A. A. (2017). Studi Empiris Theory of Planned Behavior dan Pengaruh Kewajiban Moral pada Perilaku Ketidakpatuhan Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 12(2), 8293.

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). (2014). Presentasi Chartered Accountant, Jumlah Lulusan Akuntansi. (Paper Presentation). http://www.iaiglobal.or.id/v03/files/file_ca/presentasi_ca/#/60.

Jogiyanto, H. (2007). Sistem Informasi Keprilakuan Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi

Kementrian Keuangan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 25/PMK.01/2014 Tentang Akuntan Beregister Negara. https://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/2014/25~PMK.01~2014Per.HTM

Kurniasih, S. (2013). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Niat Mahasiswa Akuntansi untuk Berkarir sebagai Akuntan Profesional. Universitas Diponegoro.

Laksmi, A. C., & Suciati, I. (2018). Factors Influencing the Intention to Obtain Accountant Certifications. The Indonesian Journal Of Accounting Research, 21(3), 347362

Nurhayati, S. (2019). Metodologi Penelitian Praktis (Edisi 2). Pekalongan: Universitas Pekalongan.

Purba, S., & Purba, D. H. P. (2016). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-Faktor Yang Membedakan Pemilihan Karir (Studi Kasus Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia). Majalah Ilmiah Politeknik Mandiri Bina Prestasi, 5(2), 17.

Republik Indonesia. (2011). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 tahun 2011 Tentang Akuntan Publik. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 51. https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/UU_2011_5.pdf

Sulistiani, D. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Mahasiswa Akuntansi untuk Berkarir Sebagai Akuntan Publik: Aplikasi Theory of Planned Behavior (Studi Empiris pada Mahasiswa Universitas Diponegoro). Universitas Diponegoro.

Sumaryono., & Sukanti. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengambil Sertifikasi Chartered Accountant. Jurnal Profita, 2(7), 120

Qimyatussaadah, Kusumaningrum, D., & Kirowati, D. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Jurusan Akuntansi untuk Memperoleh Gelar Sertifikasi Profesional Akuntansi. Jurnal Akuntansi dan Sistem Informasi, 2(1), 19.


Full Text: PDF

DOI: 10.34204/jiafe.v7i2.3172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.