Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas terhadap Return Saham pada Perusahaan Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Ellyn Octavianty, Ika Jenawati

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui rasio profitabilitas pada perusahaan konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk mengetahui return saham. Untuk mengetahui pengaruh rasio profitabilitas dalam memprediksi return saham, sampel yang digunakan adalah 10 emiten dari 33 emiten yang terdaftar di BEI selama periode 2008-2010 dimana pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Variabel yang digunakan adalah return saham sebagai dependent variable dan rasio profitabilitas sebagai independent variable yang diwakili oleh return on asset (ROA), return on equity (ROE), dan earning per share (EPS).

Hasil analisis variabel menunjukkan bahwa berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan,didapatkan hasil rasio profitabilitas yang diwakili oleh return on asset (ROA), return on equity (ROE), dan earning per share (EPS) tahun 2008-2010 dengan periode triwulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ke-10 emiten sampel penelitian tidak seluruhnya ada dalam kondisi yang baik. Hal ini dikarenakan rasio profitabilitas beberapa emiten berada pada posisi lebih rendah atau < rasio profitabilitas rata-rata industri. Penelitian terhadap return saham dengan menggunakan Tobins q sebagai alat ukur analisis menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Penelitian yang dilakukan menunjukkan ke-10 sampel emiten sampel penelitian menunjukkan nilai <1, dimana nilai tersebut menggambarkan bahwa saham berada pada dalam kondisi undervalued. Manajemen dianggap telah gagal dalam mengelola aktiva perusahaan dan potensi pertumbuhan investasi rendah.

Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa secara bersama-sama (simultan) maupun parsial, ROA, ROE, dan EPS tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham pada perusahaan konsumsi yang terdaftar di BEI.


Full Text: PDF

DOI: 10.34204/jiafe.v2i1.499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.