PENGARUH PENGGUNAAN MODAL KERJA TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS PADA PT AGRICON SENTRA AGRIBISNIS INDONESIA

Ellyn Octavianty

Abstract


PT Agricon Sentra Agribisnis Indonesia adalah sebuah perusahaan dagang yang menjalani usaha dalam penyediaan peralatan dan sarana pertanian dengan menjual produk seperti rumah kaca, irigasi tetes, sprinkler, dan pupuk NPK.

Permasalahan yang terjadi pada PT Agricon Sentra Agribisnis Indonesia adalah penggunaan modal kerja yang dilakukan meliputi piutang usaha, persediaan, dan utang usaha memiliki perputaran yang terlalu lama dalam menghasilkan kas sehingga siklus konversi kas menjadi lamban. Siklus konversi kas yang terlalu lama mengakibatkan pengunaan modal kerja pada  PT Agricon Sentra Agribisnis Indonesia menjadi tidak efisien.

Penggunaan modal kerja yang tidak efisien dapat mempengaruhi tingkat profitabilitas. Tingkat profitabilitas menjadi tidak optimal akibat dari perputaran modal kerja dalam siklus konversi kas suatu operasi perusahaan yang terlalu lama. Sehingga laba yang dihasilkan dari penggunaan modal kerja menjadi tidak optimal.

Berdasarkan permasalahan diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan  penelitian yang dilakukan dengan analisis statistik  menggunakan SPSS  diperoleh hasil bahwa penggunaan modal kerja PT Agricon Sentra Agribisnis Indonesia berpengaruh positif pada tingkat profitabilitas. Kemudian efisiensi modal kerja dapat dilakukan dengan mempercepat siklus konversi kas berupa mempercepat periode penagihan piutang yang dapat meningkatkan profitabilitas PT Agricon Sentra Agribisnis Indonesia.


Full Text: PDF

DOI: 10.34204/jiafe.v1i1.501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.