PERANAN KEBIJAKAN PENJUALAN KREDIT UNTUK MENJAGA LIKUIDITAS DAN MENINGKATKAN PROFITABILITAS PADA PT MITRA ABADI KARYA UTAMA

Siti Maimunah, Siti Rohani

Abstract


ABSTRAK
Seiring dengan perkembangan jasa infrastruktur dan konstruksi selama beberapa tahun
ini, usaha PT Mitra Abadi Karya Utama menunjukan peningkatan penjualan yang signifikan.
Salah satu strategi untuk meningkatkan penjualan tersebut adalah dengan memberikan kredit
kepada pelanggannya, sehingga mengakibatkan tertanamnya dana bentuk piutang.
Permasalahan yang penulis temui adalah terjadi peningkatan perolehan laba bersih namun
tidak diikuti dengan peningkatan penagihan/penerimaan kas dari pelunasan piutang. Tujuan
penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kebijakan penjualan kredit pada PT Mitra Abadi
Karya Utama; (2) untuk mengetahui likuiditas dan profitabilitas pada PT Mitra Abadi Karya
Utama; dan (3) untuk mengetahui apakah kebijakan penjualan kredit yang diterapkan
berperan untuk menjaga likuiditas dan meningkatkan profitabilitas pada PT Mitra Abadi
Karya Utama.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif eksploratif dengan metode penelitian
studi kasus dan teknik penelitian kualitatif dan kuantitatif (non statistik). Hasil penelitian
menunjukan bahwa (1) kebijakan penjualan kredit pada PT Mitra Abadi Karya Utama masih
kurang tepat karena analisis kredit yang diterapkan dengan menggunakan metode 4C
(character, capacity, capital, dan collateral) masih belum optimal; (2) likuiditas PT Mitra
Abadi Karya Utama belum tercapai sesuai dengan periode kredit yang telah diberikan karena
receivable turnover pada tahun 2009-2012 mengalami penurunan dan average collection
period pada tahun 2009-2012 mengalami peningkatan; (3) kebijakan penjualan kredit yang
diterapkan pada PT Mitra Abadi Karya Utama belum dapat berperan untuk menjaga likuiditas
namun sangat berperan dalam meningkatkan profitabilitas karena kebijakan yang diterapkan
belum tepat dan merupakan kebijakan yang longgar dimana penjualan kredit yang digalakkan
sehingga mengakibatkan tingkat piutang yang tinggi.
Kata Kunci : Kebijakan Penjualan Kredit, Likuiditas, Profitabilitas, Deskriptif, Eksploratif,
4C, Receivable Turnover, Average Collection Period.


References


Daftar Pustaka
J Keown, John D Martin, J Wiliam Petty, dan David F Scott, JR. 2008. Manajemen
Keuangan: Prinsip-Prinsip dan Aplikasi. Edisi 10, Alih Bahasa: Marcus Prihminto
Widodo. PT Indeks, Jakarta.
Darsono Prawironegoro. 2009. Manajemen Keuangan: Kajian Organisasi dalam
Menciptakan Laba dan Nilai Tambah Ekonomi untuk Meningkatkan Nilai Perusahaan,
Nusantara Consulting, Jakarta.
Dwi Prastowo D., dan Rifka Juliaty. 2008. Analisis Laporan Keuangan: Konsep dan
Aplikasi. Edisi 2, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Yogyakarta.
Jumingan. 2008. Analisis Laporan Keuangan, Bumi Aksara, Surakarta.
Kasmir. 2010. Analisa Laporan Keuangan, Rajawali Pers, Jakarta.
Lukman Syamsuddin. 2010. Manajemen Keuangan Perusahaan: Konsep Aplikasi dan
Perencanaan, Pengawasan dan Pengambilan Keputusan, PT Raja Grafindo Persada,
Jakarta.
Stice, K Earl, James D Stice, dan K Fred Skousen. 2009. Intermediate Accounting. Edisi 16.
Buku 1, Salemba Empat, Jakarta.
Wild, John J., KR Subramanyam, and Robert F. Halsey. 2008. Analisa Laporan Keuangan,
Alih Bahasa: Yanivi S. Bachtiar dan S. Nurwahyu Harahap. Salemba Empat, Jakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.34204/jiafe.v5i2.506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.