PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENILAI KINERJA BAGIAN PRODUKSI PT. CEMANI TOKA PERIODE 2013-2014

Akhsanul haq, Ardiana christhyaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat bantu manajemen dalam menilai kinerja bagian produksi dengan studi kasus pada PT. Cemani Toka.Data penelitian ini diperoleh dari data hasil pengematan secara langsung pada perusahaan serta wawancara dengan pemimpin pada PT. Cemani Toka. Dengan metode analisis yang digunakan diskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan akuntansi pertanggungjawaban pada PT. Cemani Toka telah dilakukan dengan baik. Perusahaan telah penerapkan struktur oraganisasi, perencanaan anggaran, sistem akuntansi dan laporan pertanggungjawaban pada perusahaan. Sedangkan kinerja untuk bagian produksi pada PT. Cemani Toka menunjukkan kinerja yang cukup baik, bagian produksi sudah membuat laporan pertanggungjawaban dengan melaporkan antara biaya anggaran dengan biaya realisasinnya yang dapat digunakan manajer dalam mengendalikan biaya. Sehingga penerapan akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat bantu manajemen dalam menilai kinerja bagian produksi pada PT. Cemani Toka mempunyai peran yang sangat penting.

 

Kata Kunci: Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban dan Kinerja Bagian Produksi


References


Anthony, Robert N., dan Vijay Govindarajan. 2009. Sistem Pengendalian Manajemen. Alih Bahasa: F.X Kurniawan Tjakrawala. Buku 1, Salemba Empat, Jakarta.

Anthony, Robert N., dan Vijay Govindarajan. 2009. Sistem Pengendalian Manajemen. Alih Bahasa: F.X Kurniawan Tjakrawala. Buku 2, Salemba Empat, Jakarta.

Armila Krisna Warindrani. 2006. Akuntansi Manajemen. Edisi 1. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Carter, William K. 2011. Akuntansi Biaya.Buku 2. Edisi 15. Salemba Empat, Jakarta.

Darsono Prawironegoro. 2005. Akuntansi Manajemen. Edisi 1, Diadit Media, Jakarta.

Edy Sukarno. 2007. Sistem Pengendalian Manajemen: Suatu Pendekatan Praktis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Garrison,Ray H., Eric W. Noteen, and Peter C, Brewer. 2006. Akuntansi Manajerial. Buku 1. Edisi 11, Salemba Empat, Jakarta.

Hansen, Don R., Dan Maryanne, M. Mowen. 2004. Managemen Accounting. Buku 1. Edisi 7, Alih Bahasa: Dewi Fitriasari dan deny Arnes Kwary, Salemba Empat, Jakarta.

Hansen, Don R., Dan Maryanne, M. Mowen. 2013. Akuntansi Manajerial. Buku 1. Edisi 8, Salemba Empat, Jakarta.

Henry Simamora. 2012. Akuntansi Manajemen. Salemba Empat, Jakarta.

Mulyadi. 2007. Akuntansi Manajemen : Konsep, Manfaat dan Rekayasa. Edisi 7, Salemba Empat, Jakarta.

Mulyadi., dan Johny Setyawan. 2001. Sistem Perencanaan Pengendalian,Manajemen, Sistem Pelipat Ganda Kinerja Perusahaan. Edisi 2. Cetakan ke 1, Salemba Empat, Jakarta.

Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Robbins, Stephen P. and Mary Coulter. 2010. Manajemen. Jilid 1. Edisi 10, Erlangga, Jakarta.

Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen : Informasi Untuk Pengambilan Keputusan Manajemen. PT Grasindo, Jakarta.

Sartika Setia Sari. 2013. Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban sebagai alat bantu Manajemen dalam Menilai Kinerja Bagian Produksi pada PT. Cahaya Buana Intitama. STIE Kesatuan, Bogor.

Siregar, Baldric,. Bambang Suripto, Dody Hapson, Eko Widodo Lo, dan Frasto Biyanto. 2014. Akuntansi Manajemen. Salemba Empat, Jakarta.

Veithzal Rivai & Ahmad Fawzi Mohd Basri. 2005. Performance Appraisal Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Welsch, Glenn A., Ronald W. Hiltong, dan Paul N. Gordon. 2000. Anggaran Perencanaan dan Pengendalian Laba. Buku 1, Salemba Empat, Jakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.34204/jiafe.v2i1.536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.