ANALISIS PENGARUH PENGELOLAAN MODAL KERJA TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS PADA PT METRODATA ELECTRONICS Tbk

Siti Maimunah

Abstract


Perusahaan membutuhkan modal kerja yang cukup dalam menjalankan kegiatan operasional sehari-hari. Modal kerja diharapkan bias dikonversi menjadi kas dalam periode tertentu. Semakin cepat siklus konversi kas maka akan meningkatkan profitabilitas.

Permasalahan yang terjadi pada PT Metrodata Electronics, Tbk yaitu realisasi siklus konversi kas yang semakin cepat tetapi tidak diikuti dengan tingkat pengembalian modal kerja yang optimal yang diperoleh perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengelolaan modal kerja terhadap tingkat profitabilitas pada PT Metrodata Electronics,Tbk.

Penggunaan modal kerja yang tidak efisien dapat mempengaruhi tingkat profitabilitas.Tingkat profitabilitas menjadi tidak optimal akibat dari perputaran modal kerja dalam siklus konversi kas suatu operasi perusahaan yang terlalu lama terutama penagihan piutang usaha, sehingga laba yang dihasilkan dari penggunaan modal kerja menjadi tidak optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mempercepat siklus konversi kas pada periode penagihan piutang usaha sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan perusahaan maka penggunaan modal kerja menjadi efisien sehingga dapat meningkatkan profitabilitas pada PT Metrodata Electronics, Tbk.

Kata kunci: modal kerja, return on working capital (ROWC), siklus konversi kas, profitabilitas, return on assets (ROA)


Full Text: PDF

DOI: 10.34204/jiafe.v2i1.550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.