PENGARUH IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN BUMN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

Dessy Herlisnawati

Abstract


Penelitian mengenai  penerimaan  opini  audit going  concern  saat  ini  banyak  dilakukan dengan  observasi  kondisi  internal  perusahaan,  seperti  kualitas  audit,  ukuran  perusahaan,  debt  default,  opini  tahun  sebelumnya,  dan  rasio-rasio  keuangan. Namun,  ternyata karakteristik  corporate  governance  juga  dapat  mempengaruhi  peran auditor eksternal dan permintaan atas kualitas audit.   

Berdasarkan hasil pengujian terhadap 7 perusahaan, menunjukkan koefisien negatif untuk dewan komisaris sebesar 0,444 dan kepemilikan terpusat sebesar 0,007 serta yang menunjukan koefisien positif untuk komite audit sebesar 0,249 dan kepemilikan manajerial sebesar 0,999. Dengan tingkat signifikasi untuk kepemilikan terpusat 0,765 > 0,05 yang berarti Ha ditolak, signifikasi untuk kepemilikan manajerial 0,215 > 0,05 yang berarti Ha ditolak, signifikasi untuk dewan komisaris 0,289 > 0,05 yang berarti Ha ditolak, sedangkan signifikasi untuk komite audit 0,476 > 0,05 yang berarti Ha ditolak, selain itu dengan sistem acak dalam periode pengamatan selama 2 tahun diketahui bahwa opini audit going concern  perusahaan baik secara parsial maupun simultan terbukti secara empiris tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern pada tingkat signifikasi 5%. Melalui penelitian diketahui secara empiris bahwa perolehan kepemilikan terpusat, kepemilikan manajerial, keberadaan dewan komisaris, dan keberadaan komite audit perusahaan secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern. Hal ini dikarenakan pada saat pengujian pengaruh keempat variabel independen tersebut secara bersama-sama terhadap penerimaan opini audit going concern menunjukkan bahwa tingkat signifikasi keempat variabel independen berada di atas 0,05 yang berarti bahwa Ha ditolak.

 

Kata kunci : Good corporate governance, kepemilikan terpusat, manajerial, dewan komisaris, komite audit, kualitas audit, opini audit going concern.


Full Text: PDF

DOI: 10.34204/jiafe.v2i1.551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.