PENGARUH RETURN ON ASSET (ROA) DAN RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP RETURN SAHAM PADA PT ASTRA OTOPARTS TBK

Siti Maimunah, Dendi Maulana Nur

Abstract


Dalam berinvestasi, seorang investor mengharapkan tingkat pengembalian (return) yang berupa dividen atau capital gain dan menghindari risiko investasi yang berupa risiko sistematik, risiko nonsistematik, tidak mendapat dividen, capital loss, saham perusahaan di-likuidasi, di-delesting, dan di-suspend. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat return on asset (ROA), perkembangan return on equity (ROE), serta pengaruh return on asset (ROA) dan return on equity (ROE) terhadap return saham secara parsial maupun simultan pada PT Astra Otoparts, Tbk.

Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, yaitu laporan keuangan PT Astra Otoparts Tbk tahun 2003 s/d 2012. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif, sedangkan data yang digunakan adalah data sekunder, yang diunduh melalui http://www.component.astra.co.id dan http://www.yahoo.finance.com.

Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan statistik uji F dua pihak dan uji t dua pihak, dengan ? = 0,05. Proses analisis statistik tersebut menggunakan SPSS 20.0 for Windows. Nilai Adjust R Square dalam penelitian ini adalah 0.838, hal ini berarti variabel dependen dapat dijelaskan sebesar 87,2% oleh variabel independen, sedangkan 12,8% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Dengan kemampuan perusahaan PT Astra Otoparts Tbk dalam memberikan tingkat pengembalian (return) rata-rata sebesar 21,21% dari modal yang ditanamkan dalam satu tahun, maka PT Astra Otoparts Tbk layak dipertimbangkan oleh calon investor untuk dijadikan sebagai objek investasi.

 

Kata Kunci : Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) dan Return Saham


Full Text: PDF

DOI: 10.34204/jiafe.v1i1.555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.