PERANAN AUDIT INTERN PIUTANG UNTUK MENINGKATKAN KELANCARAN PENYELESAIAN PROYEK DAN EFEKTIVITAS PENDAPATAN PADA PT. BUKAKA TEKNIK UTAMA, TBK

Retno Martanti Endah Lestari, Cytra Anggy Mulyono

Abstract


Perusahaan didirikan dengan tujuan tertentu antara lain untuk menunjang kegiatan perusahaan, memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap barang dan jasa, yang paling penting bertujuan untuk mendapatkan laba yang layak. Penyelesaian proyek didefinisikan sebagai suatu rangkaian kegiatan yang hanya terjadi sekali, dimana pelaksanaannya sejak awal sampai akhir dibatasi oleh kurun waktu tertentu. Hasil pembayaran tagihan/piutang atas kemajuan proyek tersebut merupakan sumber dana untuk menyelesaikan proyek tersebut sampai selesai. Dengan demikian pengelolaan tagihan atau piutang proyek merupakan salah satu aspek yang penting bagi kelangsungan hidup efektivitas pendapatan dan profitabilitas perusahaan.

Tujuan penelitian dilakukan adalah untuk mengetahui peranan audit intern piutang untuk meningkatkan kelancaran penyelesaian proyek dan efektivitas pendapatan pada PT Bukaka Teknik Utama, Tbk. Jenis penelitian ini deskriptif eksploratif serta dengan menggunakan analisis kualitatif. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel terkait, yakni variabel bebas / independen peranan audit intern piutang dan variabel dependen yaitu meningkatkan kelancaran penyelesaian proyek dan efektivitas pendapatan.

Perputaran piutang pada PT Bukaka Teknik Utama menunjukkan adanya fluktuatif penurunan dan peningkatan, penurunan perputaran piutang tersebut menunjukkan jangka waktu penerimaan atau perolehan atas piutang semakin lama, sehingga menimbulkan risiko timbulnya piutang tak tertagih, sehingga peranan internal audit sangat diperlukan untuk meningkatkan kelancaran penyelesaian proyek dan efektivitas pendapatan.

Kata Kunci : Kelancaran penyelesaian proyek , Efektivitas pendapatan , Peranan audit intern piutang


Full Text: PDF

DOI: 10.34204/jiafe.v1i1.592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.