TINJAUAN PELAKSANAAN KEWAJIBAN PERPAJAKAN PERUSAHAAN JASA KONSTRUKSI DAN KESESUAIAN DENGAN STANDAR AKUNTANSI KONTRAK KONSTRUKSI (PSAK TAHUN 2012) PADA PT IMPERIAL MEDIA PANENMAS

Siti Maimunah, Deta Uli Anggreni

Abstract


Keterkaitan pajak dengan semua transaksi yang dilakukan Wajib Pajak dalam kegiatan usahanya dapat menimbulkan kewajiban bagi Wajib Pajak berkaitan dengan pajak tersebut. Adapun tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui (1) pelaksanaan kewajiban perpajakan atas usaha jasa konstruksi PT. Imperial Media Panenmas (2) penerapan standar akuntansi kontrak konstruksi menurut PSAK Nomor 34 Tahun 2012 PT. Imperial Media Panenmas (3) pelaksanaan kewajiban perpajakan atas usaha jasa konstruksi menurut PSAK Nomor 34 Tahun 2012 pada PT. Imperial Media Panenmas. Metode analisis yang digunakan deskriptif non statistik mengenai data untuk variabel dan indikator penelitian antara praktik/kenyataan/fakta di PT. Imperial Media Panenmas dengan yang seharusnya/idealnya berdasarkan teori atau peraturan, kemudian diambil simpulan penelitian.

Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa (1) PT. Imperial Media Panenmas sudah melaksanakan kewajiban perpajakan sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 40 Tahun 2009 Tentang Pajak Penghasilan atau Penghasilan dari Usaha Jasa Konstruksi dalam hal perlakuan pajak dan tarifnya (2) PT. Imperial Media Panenmas belum menerapkan PSAK Nomor 34 Tahun 2012 dengan metode presentase penyelesaiannya, dalam mencatat pendapatannya perusahaan mengakui pendapatan pada saat faktur dikeluarkan dari pemberi kerja (3) Pelaksanaan kewajiban perpajakan atas usaha jasa konstruksi pada PT. Imperial Media Panenmas tidak terdapat kesesuaian dengan PSAK 34 Tahun 2012.

 

Kata kunci : Wajib Pajak, Kewajiban Perpajakan, PSAK Nomor 34 Tahun 2012.


Full Text: PDF

DOI: 10.34204/jiafe.v1i1.593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.