PENGARUH PENGENDALIAN PIUTANG USAHA DALAM MEMINIMALKAN PIUTANG TAK TERTAGIH PADA PT GAYA SASTRA INDAH

Tiara Timuriana, Risti Eni Nasution

Abstract


PT Gaya Sastra Indah yang dalam kegiatan usahanya  melakukan penjualan secara tunai dan secara kredit, namun pada umumnya penjualan yang dilakukan secara kredit lebih sering digunakan karena dapat meningkatkan volume penjualan. Namun, penjualan kredit menyebabkan timbulnya suatu tagihan berupa piutang usaha.

PT Gaya Sastra Indah  berlokasi di Jl. Pulo Gadung II E/3 Jakarta. Maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) untuk mengetahui penerapan pengendalian piutang usaha; (b) untuk mengetahui upaya yang dilakukan manajemen dalam meminimal piutang tak tertagih; dan (c) untuk mengetahui pengaruh pengendalian  piutang usaha dalam meminimalkan piutang tak tertagih. Indentifikasi masalah dalam penelitian ini adalah: (a) bagaimana penerapan pengendalian piutang usaha; (b) bagaimana upaya untuk meminimalkan piutang tak tertagih; dan (c) bagaimana pengaruh pengendalian piutang usaha dalam meminimal piutang tak tertagih.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan naiknya persentase piutang yang lewat jatuh tempo dari tahun ke tahun, semakin lambatnya perputaran piutang, dan semakin lamanya periode rata-rata pengumpulan piutang, maka penulis menyimpulkan bahwa pengendalian terhadap piutang belum efektif.

 

Kata kunci: Pengendalian Piutang, Piutang Tak tertagih, Pemberian Kredit, Penagihan, Kebijakan Pengumpulan Piutang.


Full Text: PDF

DOI: 10.34204/jiafe.v1i1.595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.