DETERMINAN PEMILIHAN KARIR MAHASISWA AKUNTANSI DI BIDANG PERPAJAKAN

Yefni Yefni, Meliza Putriyanti Zifi, Oscar Yenas

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji determinan pemilihan karir mahasiswa untuk berkarir di bidang perpajakan. Determinan tersebut adalah persepsi mahasiswa, motivasi sosial, kemampuan diri, dan ekspektasi karir di bidang perpajakan. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan brevet pajak sebagai variabel intervening. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner yang disebar kepada mahasiswa jurusan akuntansi yang menjadi relawan pajak di Provinsi Riau tahun 2021. Selanjutnya data yang diperoleh diuji dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 50 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya dua variabel yang berpengaruh signifikan yaitu kemampuan diri dan ekspektasi karir. Selain itu, seluruh variabel yang diuji tidak berpengaruh signifikan terhadap pilihan berkarir di bidang perpajakan dengan menggunakan brevet pajak sebagai variabel intervening. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi regulator ataupun perguruan tinggi agar bidang perpajakan menarik bagi masyarakat sehingga meningkatkan minat masyarakat di bidang perpajakan.

ABSTRACT

This study aims to examine the determinants of student career choices for careers in the field of taxation. These determinants are student perceptions, social motivation, self-ability, and career expectations in the field of taxation. In addition, this study also uses tax certificates as an intervening variable. The data in this study were obtained through questionnaires distributed to tax volunteers in Riau Province in 2021. Then the data obtained was tested using multiple linear regression analysis. The number of respondents in this study were 50 respondents. The results showed that only 2 variables had a significant effect, namely self-efficacy and career expectations. In addition, all variables tested have no significant effect on career choices in taxation by using tax brevets as intervening variables. This research is expected to be input for regulators or universities so that the field of taxation is attractive to the public so as to increase public interest in the field of taxation.


Keywords


Ekspektasi; kemampuan; mahasiswa; motivasi sosial; persepsi; Competency; expextation; perception; social motivation; student

References


Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Coleman, L. J., Bahnan, N., Kelkar, M., & Curry, N. (2011). Walking the walk: How the theory of reasoned action explains adult and student intentions to go green. Journal of Applied Business Research, 27(3), 107–116. https://doi.org/10.19030/jabr.v27i3.4217

Informasi APBN 2021: Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Penguatan Reformasi. (2021).

Khairunnisa, S., & Kurniawan, R. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berkarir di Bidang Perpajakan (Studi pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Andalas). Jurnal Akuntansi Trisakti, 7(2), 175–190.

Pranoto, S., & Anwar, S. (2016). Pilihan Berkarir Di Bidang Perpajakan Dengan Minat Mengikuti Brevet Pajak Sebagai Variabel Intervening. Simposium Nasional Akuntansi XIX, 1, 1–25.

Pratama, A. (2017). Factors Affecting Student’s Learning Interest in an Accounting Study Proggramme : A Study in Bandung City West Java, Indonesia. 2017, 6(2), 295–311.

Robbin, S. P. (2011). Behaviour in Organization. Prentice Hall.

Solikhah, Badingatus Suryarini, T., & Bahri, S. (2018). Perception Towards Accounting Profession and Parental Influence to Predict Student’s Career Choices. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 251.


Full Text: PDF

DOI: 10.34204/jiafe.v9i1.6750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 yefni - -, Meliza Putriyanti Zifi, Oscar - Yenas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.