PENGARUH FUNDAMENTAL SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013 - 2015

Asep Alipudin, Dewi Sevie Amelia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek fundamental PT Indofood Sukses Makmur, Tbk, PT Mayora Indah Tbk, dan PT Ultrajaya Milk Industry Tbk. serta untuk mengetahui keputusan investasi saham pada ketiga perusahaan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah emiten (perusahaan publik) atau perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2012-2015. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel pada penelitian ini diperoleh jumlah objek sampel sesuai dengan kriteria tertentu adalah 3 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI Tahun 2012-2015. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Indofood Sukses Makmur, Tbk tahun 2012 sampai dengan 2015, dapat diketahui kondisi fundamental keuangan perusahaan dalam keadaan yang baik. Begitu juga dengan PT Mayora Indah Tbk, dan PT Ultrajaya Milk Industry Tbk. yang menunjukkan keadaan fundamental yang baik. Dari hasil penilaian harga saham dengan pendekatan PER dan EPS, Harga saham paling tinggi pada tahun 2015 ditunjukkan oleh PT Mayora Tbk. Dengan melihat hasil analisis fundamental ketiga perusahaan di atas, dapat dikatakan bahwa analisis fundamental berperan dalam keputusan berinvestasi saham. Oleh karena itu, sebelum berinvestasi saham pada perusahaan, sebaiknya  melakukan analisis fundamental terhadap kinerja perusahaan dan kinerja sahamnya.

 

Kata kunci: Analisis Fundamental, Investasi Saham

References


Abdul Halim. Analisis Investasi, Edisi 2, Salemba Empat, Jakarta.

Bambang Subroto. 2011. Definisi Investasi Saham. Petra.ac.id./viewer.php

Bodie, Zvi,. Alex Kane, dan Alan J. Marcus. 2006. Investasi. Edisi 6, Alih Bahasa: Zuliani D dan Budi W, Salemba Empat, Jakarta.

Damodaran, Aswath. 2002. Damodaran Valuation Security Analysis for Invesment and Corporate Finance. John Wiley&Sons,Inc. New York.

David Sukardi Kodrat dan Kurniawan Indonanjaya. 2010. Pendekatan Teknikal dan Fundamental untuk Analisis Saham. Edisi Pertama. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Dermawan Sjahrial. 2007. Manajemen Keuangan Lanjutan, Mitra Wacana Media, Jakarta.

Desmond Wira. 2011. Analisis Fundamental Saham, Exceed.

Gitman, Lawrence J. 2009. Principles of Managerial Finance, Twelfth Edition. Pearson, United States.

Harahap, Sofyan Syafri. 2010. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.

http://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_fundamental, diakses 11 Januari 2012

Ikatan Akuntan Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan Per 1 Juli 2009, Salemba Empat, Jakarta.

Jones, Charles P. 2010. Invesments Analysis and Management. 11th edition. International Student Version.

Lukas Setia Atmaja. 2008. Teori dan Praktik Manajemen Keuangan. Andi, Yogyakarta.

Nunung Nurjanah. 2010. Analisis Rasio Keuangan Dalam Rangka Pengambilan Keputusan Investasi Saham Pada PT Kalbe Farma Tbk.. Makalah Seminar Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan, Bogor.

Reilly, Frank K. dan Keith C. Brown. 2006. Investment Analysis and Portfolio Management, 8th Edition. Thomson, South-Western.

Sharpe, William F., Gordon J Alexander, and Jeffery V. Bailey. Investment, Edisi 6. Indeks.

Suad Husnan. 2009. Dasar-dasar Portofolio dan Analisis Sekuritas. Edisi kelima, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

www.bps.go.id

www.duniainvestasi.com. 2015.

www.idx.co.id

www.kemenperin.go.id


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIAFE | Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.