ANALISIS IMPLEMENTASI PRINSIP AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI UNTUK MENDORONG EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH

Siti Maimunah, Silvy Elgina

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh implementasi prinsip akuntabilitas dan prinsip transparansi terhadap efektivitas pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada sekolah menengah atas negeri secara parsial maupun simultan. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dengan empat kelompok responden yaitu kepala sekolah, bendahara sekolah dan komite sekolah dari sepuluh sekolah menengah atas yang berstatus negeri di Kota Bogor, Jawa Barat dengan total keseluruhan sebanyak 40 responden. Data diuji dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi prinsip akuntabilitas berpengaruh terhadap efektivitas pengelolaan dana BOS. Implementasi prinsip transparansi tidak berpengaruh terhadap efektivitas pengelolaan dana BOS. Implementasi prinsip akuntabilitas dan implementasi prinsip transparansi secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap efektivitas pengelolaan dana BOS. Dengan demikian, sekolah perlu memperhatikan kebijakan dalam petunjuk teknis bantuan operasional sekolah guna mendorong terciptanya pengelolaan, pelaporan, dan pengungkapan yang bertanggung jawab untuk meningkatkan pencapaian kinerja sekolah melalui efektivitas dan kepercayaan publik.

 ABSTRACT

This research aims to examine the effect of implementing the principle of accountability and transparency on the effectiveness of managing BOS funds in state high schools, both partially and simultaneously. The sample was selected using the purposive sampling method. Data were collected by distributing questionnaires to four groups of respondents, namely, the school principal, two school treasurers, and the school committee from ten high schools with state status in Bogor City, West Java with a total of 40 respondents. Data was tested using multiple linear regression analysis. The research results show that implementing the Accountability Principle influences the effectiveness of BOS fund management. Implementation of transparency principles does not affect the effectiveness of BOS Fund Management. Implementation of the Principle of Accountability and Implementation of the Principle of Transparency together have a significant and significant impact on the Effectiveness of BOS fund management. Thus, schools need to pay attention to the policies in the technical instructions for school operational assistance to encourage the creation of responsible management, reporting, and disclosure to improve school performance through effectiveness and public trust.

 


Keywords


Akuntabilitas; efektivitas; kebijakan; transparansi; sekolah menengah atas; Accountability; effectiveness; policy; senior high school transparency

References


Ammar, F., Bustamam, B. (2019). Analisis Akuntabilitas, Transparansi Dan Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (Studi Kasus Pada Smp Negeri 3 Dan Smp Islam Ypui Darul Ulum Di Kota Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 4(1), 116 – 130.

Fernandes, W. (2015). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi dan Pengawasan terhadap Kinerja Anggaran pada Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 2(2), 1 – 13.

Mardiasmo. (2018). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi Offset.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Ningsih, N. F. (2019). Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas, Dan Karakteristik Pengelolaan Keuangan Sekolah Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bos. Skripsi. Universitas Syariah Kuala Darussalam Banda Aceh.

Nurdiani, M. S., Nugraha, N. (2018). Analisis Transparansi dan Akuntablitias Pengelolaan Dana Sekolah, Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 6(1), 49 – 60.

Nurjana, W. I. (2017). Pengaruh Penerapan Good School Governance Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Survei pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Lowokwaru). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Oebaidillah, S. (2019) Penggunaan Dana BOS belum Transparan, Media Indonesia. Tersedia di: https://m.mediaindonesia.com/humaniora/258616/penggunaan-dana-bos-belum-transparan (Diakses pada: 7 October 2020).

Pamungkas, A. Y. (2021). Pengelolaan Dana Bantuan Operasional. Skripsi. Universitas Islam Indonesia.

Panjaitan, P. (2020). Efektivitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dalam Meningkatkan Pembangunan Fisik Desa Bandar Sauhur Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun Pawer Panjaitan Universitas Simalungun. Jurnal Ilmiah Simantek.

Rachmi, S. N. (2017). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Studi Survei Pada Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Cianjur). Skripsi. Universitas Widyatama.

Rakhmawati, I. (2018). Pengaruh Akuntabilitas Dan T ransparansi Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dengan Partisipasi Stakeholder Sebagai Variabel Moderasi, AKTSAR: Jurnal Akuntansi Syariah, 1(1), 95 – 112.

Republik Indonesia. (2003a). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2003 Tentang Keuangan Negara. Jakarta: Sekreteriat Negara.

_________________(2003b) Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekreteriat Negara

_________________(2008). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2008 Tentang Pendanaan Pendidikan. Jakarta: Sekreteriat Negara.

_________________(2010). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2010 Tentang Standar Akuntansi Pemerintahan. Jakarta: Sekreteriat Negara.

_________________ (2014). Peraturan Presiden Ri Nomor 29 Tahun 2014 Tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Jakarta: Sekreteriat Negara.

Riswanto, D. (2019). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (Studi Kasus pada SMP Negeri 2 Curugkembar). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Slamet, P. H. (2006) Manajemen Berbasis Sekaolah. Jakarta: Buletin Pelangi.

Susanti, H. (2019). Penerapan Good School Governance (GSG) Dan Pengaruhnya Terhadap Efektifitas Pengelolaan Bantuan Operasional (BOS) Sekolah Dasar Kota Blitar. REVITALISASI (Jurnal Ilmu Manajemen), 8(1), 74 – 84.

Trisnawati, F. (2018). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Pengelolaan Keuangan Madrasah Di Kota Pekanbaru, Jurnal Al-Iqtishad, 14(1), 1 – 19.

Viktoria, T. (2014). Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Pendidikan Di SMK Muhammadiyah Prambanan. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.34204/jiafe.v9i2.8919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 The Author(s)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.