ANALISIS TINGKAT LITERASI KEUANGAN DI KALANGAN MAHASISWA SEKOLAH VOKASI UNPAK ANALYSIS OF FINANCIAL LITERACY LEVEL AMONG UNPAK VOCATIONAL SCHOOL STUDENTS

Yetty Husnul Hayati, Dewi Syafrani Arbi Sagala, Djoko Hardjanto

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana literasi keuangan mahasiswa Sekolah Vokasi Universitas Pakuan ditinjau berdasarkan kemampuan self control, kemampuan akademik, dan pengelolaan keuangan pribadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan menggunakan Teknik wawancara, kuesioner, observasi, dan studi literatur. Kemudian disusun, dijelaskan, dan ditafsirkan secara sistematis. Penelitian dilakukan di Sekolah Vokasi Universitas Pakuan dengan subjek penelitiannya yaitu mahasiswa Sekolah Vokasi dengan populasi yang berjumlah 135 orang mahasiswa dengan responden sampel 113 mahasiswa Sekolah Vokasi yang penarikan sampelnya dilakukan secara acak (random). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif.  Berdasarkan hasil, maka dapat disimpulkan bahwa  mahasiswa sekolah vokasi belum memiliki literasi keuangan yang baik, ditinjau dari kemampuan self control, kemampuan akademik, dan pengelolaan keuangan pribadi. Kurangnya literasi keuangan ini juga ditunjukkan dengan pendapat dan keputusan yang rendah dalam askes lembaga keuangan terutama dalam Tabungan dan investasi.

 

Kata kunci : Literasi Keuangan, pendekatan kualitatif, pengelolaan, analisis deskriptif, kontrol diri. self control

 

ABSTRACT

 

This study aims to determine how the financial literacy of Pakuan University Vocational School students is viewed based on self-control ability, academic ability, and personal financial management. This research uses a qualitative approach, data is collected using interview techniques, questionnaires, observation, and literature studies. Then arranged, explained, and interpreted systematically. The research was conducted at the Vocational School of Pakuan University with the research subject being Vocational School students with a population of 135 students with a sample respondent of 113 Vocational School students whose sampling was done randomly. The data analysis technique used in this study is descriptive analysis. Based on the results, it can be concluded that vocational school students do not have good financial literacy, in terms of self control ability, academic ability, and personal financial management. This lack of financial literacy is also indicated by low opinions and decisions in accessing financial institutions, especially in savings and investment.

 

Keywords: Financial Literacy, qualitative approach, management, descriptive analysis, self-control.


References


DAFTAR PUSTAKA

Annamaria Lusardi. 2008. Perilaku Menabung Rumah Tangga: Peran Literasi Keuangan, Informasi, dan Program Pendidikan Keuangan.

Arifin, Z., & Ananda, R. 2021. "Metode Statistik dalam SPSS untuk Penelitian Kualitatif."

Bhushan, P., & Medury, Y. 2013. Literasi keuangan dan Faktor Penentunya .

Carolynne LJ Mason & Richard MS Wilson. 2000. Konseptualisasi Literasi Keuangan.

Homan, Hery Syaerul. 2015. Studi Perbandingan Literasi Keuangan Siswa dan Faktor Demografinya .

Nidar, S. R., & Bestari, S. 2020. "Analisis Literasi Keuangan dan Perencanaan Keuangan Pribadi di Kalangan Mahasiswa."

Prameti, G. 2016. Statistika Lengkap secara Teori dan Aplikasi dengan SPSS 23. 10

Rahmawati, D., & Siregar, H. 2020. "Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa."

Sari, N. P., & Susanti, E. 2021. "Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS: Teknik dan Aplikasi."

Siregar, Syofian. 2017. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Manual Perhitungan dan Aplikasi SPSS. 11

Wulandari, P., & Sasono, I. 2021. "Tingkat Literasi Keuangan dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Investasi pada Mahasiswa."


Full Text: PDF Abstract views : 5 views : 5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Aplikasi Bisnis dan Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.