IMPLEMENTASI PEMASARAN TABUNGAN TANDAMATA BERJANGKA DENGAN KONSEP 7P PADA PT BANK BJB KCP CICURUG IMPLEMENTATION OF MARKETING OF TABUNGAN TANDAMATA BERJANGKA WITH 7P CONCEPT AT PT BANK BJB KCP CICURUG
Abstract
ABSTRAK
Pemasaran mempunyai peranan penting di dunia perbankan. Adanya pemasaran untuk menarik nasabah dan mengembangkan produk. Penulisan ini membahas implementasi pemasaran Tabungan Tandamata Berjangka pada Bank Bank Jabar Banten (BJB) dan Kantor Cabang Pembantu (KCP) Cicurug dengan tujuan mengetahui penerapan, evaluasi dan kendala yang dilakukan Bank BJB dalam memasarkan Tabungan Tandamata Berjangka. Metode penelitian yang digunakan yaitu wawancara dengan karyawan Bank BJB untuk mengetahui konsep apa saja yang dilakukan pihak Bank BJB. Konsep yang dilakukan Bank BJB dalam memasarkan produknya konsep 7P Produk (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physic) , Harga, Tempat, Promosi, Orang, Proses, Tampilan Fisik. Hasil penelitian ini bahwa pemasaran yang dilakukan Bank BJB sangat baik terlihat dari meningkatnya nasabah yang membuka Tabungan Tandamata Berjangka setiap tahunnya.
Kata kunci : BJB Tandamata Berjangka, Implementasi Pemasaran, Konsep 7P.
ABSTRACT
Marketing has an important role in the banking world. There is marketing to attract customers and develop products. This paper discusses the implementation of Tandamata Berjangka Savings marketing at Bank Jabar Banten (BJB) and the Cicurug Sub-Branch Office (KCP) with the aim of knowing the implementation, evaluation and obstacles carried out by Bank BJB in marketing Tandamata Berjangka Savings. The research method used is interviews with Bank BJB employees to find out what concepts are carried out by Bank BJB. The concept carried out by Bank BJB in marketing its products is the concept of 7P Products (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physic), Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Display. The results of this study that the marketing carried out by Bank BJB is very good as seen from the increase in customers who open Tandamata Berjangka Savings every year.
Keywords: BJB Tandamata Term Savings, Marketing Implementation, Concept 7P
References
Bustari Muchtar; Rose Rahmidani; Menik Kurnia Siwi. (2016.). Bank & lembaga keuangan lainnya / Bustari Muchtar, Rose Rahmidani, Menik Kurnia Siwi. Jakarta :: Kencana.
Irsyadi Zain (pengarang); Rahmat Akbar, Y. (pengarang). (2020; © 2020). Bank dan lembaga keuangan lainnya / Irsyadi Zain, S.E., M.E., Y. Rahmat Akbar, S.E., M.Si.. Sleman :: Deepublish.
Skandarwassid; Dadang Sunendar. (2008.). Strategi pembelajaran bahasa / Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. Bandung :: Remaja Rosdakarya.
Kasmir, 1964- (penulis). (2015; © 2000, Kasmir; 2017). Manajemen perbankan / Dr. Kasmir, S.E., M.M.. Jakarta :; Jakarta :: Rajawali Pers,; Rajawali Pers.
Kasmir, 1964- (pengarang). ([2018].). Pemasaran bank / Kasmir, S.E., M.M.. Jakarta :: Prenadamedia Group.
Kasmir, 1964- (penulis); Jakfar, 1961- (penulis). (2020). Studi kelayakan bisnis / penulis, Dr. Kasmir, S.E., M.M., Jakfar, S.E., M.M.. Jakarta :; © 2003: Prenadamedia Group,.
Tatik Suryani (pengarang). (2017). Manajemen pemasaran strategik bank di era global : menciptakan nilai unggul untuk kepuasan nasabah / Prof. Dr. Dra. Tatik Suryani, Psi., M.M.. Jakarta :: Prenada,.
Thamrin Abdullah, Haji, 1945- (penulis); Francis Tantri, 1951- (penulis). (2018; © 2012, pada penulis). Manajemen pemasaran / Prof. Dr. Thamrin Abdullah, M.M., M.Pd., ; Dr. Francis Tantri, S.E., M.M.. Depok :; Jakarta :: PT RajaGrafindo Persada; Rajawali Pers.
Taufiq Amir, M.. (2011.). Manajemen strategik : konsep dan aplikasi / M. Taufiq Amir. Jakarta :: Rajawali Pers.
Ismail, 1964- (penulis). (2018; ©2010). Manajemen perbankan : dari teori menuju aplikasi / Drs. Ismail, MBA., AK.. Jakarta :: Prenadamedia,.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Aplikasi Bisnis dan Komputer
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.