KONSEP RUANG DAN JALUR WISATA EDUKASI (EDUFARM) DEWI SRI DI DESA SITUSARI KECAMATAN CILEUNGSI, KABUPATEN BOGOR

Yusi Febriani

Abstract


ABSTRAK

 

Desa Situsari merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Desa Situsari memiliki sejumlah potensi untuk dikembangkan menjadi Desa Wisata. Namun dalam upaya ini perlu adanya perencanaan matang terkait pemanfaatan potensi wisata yang ada di desa dan  dimulai dari konsep rencana ruang dan jalur wisata, yang nantinya akan dijadikan panduan pengembangan desa wisata. Tujuan dari penelitian adalah merencanakan konsep desa wisata berdasarkan potensi yang ada di desa tersebut. Metode yang digunakan adalah metode perencanaan tapak teridiri dari dari tahap survei, identifikasi dan konsep perencanaan wisata.  Pada penelitian ini  dibatasi sampai tahap konsep perencanaan. Konsep desa wisata yang direncanakan adalah konsep ramah lingkungan berbasis partisipasi masyarakat yang mencirikan budaya atau kebiasaan dari penduduk setempat.  Konsep wisata yang memungkinkan bisa dikembangkan di Desa Situsari berdasarkan potensi wisata setempat adalah konsep wisata edukasi dibidang pertanian (edufarm). Konsep wisata edukasi yang direncanakan di sesuaikan dengan masing-masing potensi sumberdaya alam dan sumber daya masyarakat.  Penelitian ini menghasilkan konsep wisata budi daya anggur pada KRL Anggur, budidaya dari berbagai produk hortikultur di KRL harmoni dan budidaya padi di sekitar danau Daham Ilnuris.

 

Kata Kunci : Desa Situsari, Desa Wisata, wisata edukasi pertanian

 

ABSTRACT

 

Situsari Village is one of the villages in Cileungsi district, Bogor regency, West Java Province.  Situsari Village has a number of potentials to be developed into a tourist village.  However, in this effort there needs to planning regarding the utilization of tourism potential in the village and starting form the concept of spatial planning and tourist routes, which will later be used as a guide for developing tourist village. The aim of the research is to plan a tourism village concept based on the potential that exists in the village.  The method used is the site planning consisting of the survey, identification and tourism planning concept.  This research is limited to the concept planning. The planned tourist village concept is an environmentally friendly concept based on community participation that characterizes the culture or habits of the local population.  A tourism concept that could possibly be developed in Siteari Village based on local tourism potential is the concept of educational tourism in the agricultural sector (edufarm). The planned educational tourism concept is adjusted to each potential natural resource and community resource.  This research resulted in the concept of wine cultivation tourism on the  KRL Anggur, cultivation of various horticultural products on the  KRL Hramoni Berseri and rice cultivation around the Daham Ilnuris lake.

 

Keywords: Situsari Village, Tourism Village, Edufarm tourism


References


E. Mulyana. (2019). Upaya Pemberdayaan Ekonomi, Sosial dan Budaya pada Masyarakat Melalui Pengembangan Bisnis Ekowisata. Business Innovation & Enterpreneurship Journal, vol. 1, p. 6. Januari 2019.

Imanda,Fitra dkk. (2019). Penerapan Prinsip Permakultur Dalam Strategi Perancangan Pusat Penelitian Ganja Di Aceh. SENTHONG, vol. 2,p 10. Januari 2019.

Nur Fadhilah, Mutyara dkk. (2021). Penerapan Prinsip Arsitektur Berkelanjutanpada Strategi Desain Peternakan Sapi Perah Di Singolangu Kabupaten Magetan Sebagai Kawasan Wisata Edufarm. SENTGONG, vol 4 No 2. Juli 2021.

Permatasari,B.R dkk. (2013). Konsep Permakultur Di Kawasan Pantai Sine Tulungagung (Studi Kasus: Penerapan Konsep Permakultur Pada Konsep Desain Eco-resort). Malang, Jawa Timur: Universitas Brawijaya, 2013, p. 2.

P. K. Bogor. Desa Situsari." Pemerintah Kabupaten Bogor. Diakses pada Januari 2023. Dari https://kecamatancileungsi.bogorkab.go.id/desa/362 .

T. S. Nastiti. (2020). Dewi Sri Dalam Kepercayaan Masyarakat Indonesia. Tumotowa, vol. 3, p. 2. Juni 2020.

Wikipedia. (2022). Setu Sari, Cileungsi, Bogor . Diakses pada 22 Januari 2022. Dari https://id.wikipedia.org/wiki/Setu_Sari,_Cileungsi,_Bogor


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/teknik.v25i1.10239 Abstract views : 66 views : 35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.