Memahami Hardware Komputer Melalui Buku Pintar Digital Berbasis Multimedia

Boldson Herdianto Situmorang, Aries Maesya

Abstract


Hardware merupakan salah satu komponen yang sangat mendukung dalam kinerja sistem komputer. Buku Pintar Digital Hardware Komputer Berbasis Multimedia dibuat dengan tujuan mempermudah pemakai komputer untuk mengenal dan memahami lebih detail perangkat-perangkat hardware komputer melalui informasi yang disajikan dalam bentuk teks, gambar, suara, video, dan animasi. Pembuatan Buku Pintar Digital Hardware Komputer melalui metode Siklus Hidup Pengembangan Perangkat Lunak Berbasis Multimedia yang meliputi tahapan-tahapan Konsep, Perancangan, Pengumpulan Bahan, Pembuatan, Percobaan, dan Distribusi. Sistem mencapai tingkat efisiensi sesuai dengan hasil yang diharapkan setelah melalui uji coba struktural, sistem juga dapat menjalankan fungsinya dengan benar setelah dilakukan uji coba fungsional, dan sistem dapat menerima input dengan baik dan menghasilkan output dengan tepat setelah dilakukan uji coba validasi, sehingga Buku Pintar Digital Hardware Komputer Berbasis Multimedia layak didistribusikan kepada para calon pengguna.

 

Kata Kunci: Buku Pintar Digital, Hardware Komputer, Multimedia


References


A. A. Ergado. Self Learning Computer Troubleshooting Expert Systemâ€. International Journal of Artificial Intelligence & Applications (IJAIA), Vol. 7 No. 1, pp. 45-58, 2016.

S. Mawarni, A. Muhtadi. Pengembangan Digital Book Interaktif Mata Kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikanâ€. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Vol. 4 No. 1, pp. 84-96, 2017.

B. H. Situmorang, A. Maesya Pengenalan Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Anak Usia Dini Melalui Aplikasi Pembelajaran Berbasis Multimediaâ€. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, ISSN 2302-3805, pp. 5.9-7 5.9-12, 2015.

A. Yoshiya, A. S. Hidayat. Animasi Interaktif Pengenalan Hardware Komputer dengan Metode Demonstrasi Berbasis Tiga Dimensiâ€. Jurnal Penelitian Ilmu Komputer, System Embedded & Logic, Vol. 1 No. 2, pp. 45- 60, 2014.

N. E. Putri. Sistem Pakar Kerusakan Hardware Komputer dengan Metode Forward Chaining (Studi Kasus: Benhur Sungai Penuh)â€. Jurnal Momentum, Vol. 18 No. 2, pp. 53-59, 2016.

A. N. Hidayat. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Perangkat Keras Komputer dengan Menggunakan Adobe Flash CS6 pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer di SMKN 3 Yogyakartaâ€. Jurnal Pendidikan Teknik Elektronika, Vol. 1 No. 1, 2017.

M. Muslihudin, et al. Computer Hardware Learning Media Applicationâ€. Jour of Adv Research in Dynamical & Control Systems, Vol. 10, 02-Special Issue, 2018.

Y. Saputra. Aplikasi Pengenalan Hardware Komputer Berbasis Multimedia Interaktif untuk SMP Pawyatan Daha 1 Kediriâ€. Simki-Techsain, Vol. 01 No. 10, 2017.

A. A. Ergado. Self Learning Computer Troubleshooting Expert Systemâ€. International Journal of Artificial Intelligence & Applications (IJAIA), Vol. 7 No. 1, 2016.

R. S. Wahono. Panduan Pengembangan Multimedia Pembelajaran. Direktorat Pembinaan SMA, Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas, 2007.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/komputasi.v15i1.1264 Abstract views : 6271 views : 1654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.