Aplikasi Transformasi 3 Dimensi sebagai Media Pengajaran (Studi Kasus Mata Kuliah Grafika Komputer)
Abstract
Grafika komputer pada dasarnya merupakan suatu bidang ilmu komputer yang mempelajari tentang cara-cara untuk meningkatkan dan memudahkan komunikasi antara manusia dengan mesin komputer dengan jalan membangkitkan, menyimpan dan memanipulasi gambar model suatu objek. Dalam hal pengajaran grafika komputer sebagai mata kuliah, maka perlu adanya pembuatan visualisasi dalam bentuk aplikasi untuk memudahkan pemahaman terhadap teori yang ada dalam grafika komputer. Salah satu contohnya adalah pembuatan aplikasi transformasi 3 dimensi dalam grafika komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman visual yang telah ada, seperti OpenGL (Open Graphics Library) dengan Microsoft Visual C++, Microsoft Visual Basic, Delphi dan bahasa pemrograman lainnya yang mendukung dalam pembuatan aplikasi grafis lainnya.
Kata kunci : Grafika Komputer, Transformasi, Ttranslasi, Rotasi, Skala
References
DAFTAR PUSTAKA
Basuki, A & R. Nana. 2006 Grafika Komputer teori dan Implementasi. C.V Andi Offset, Yogyakarta.
Hearn, D & Baker, P.M. 1997. Computer Graphics C Version. Second Edition. Prentice Hall International,New Jersey
Henry, S. 2005. Panduan Praktis Membuat Game 3D. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Kusumo, S. Ario. 2000. Buku Latihan Microsoft Visual Basic 6.0. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Nugroho, E. 2005. Teori dan Praktek Grafika Komputer Menggunakan Delphi dan OpenGL. Graha Emu, Yogyakarta.
Ramadhan, A. 2004. 36 Jam Belajar Komputer Visual Basic 6.0. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Santosa, P.I. 1996. Grafika Komputer dan Antar Muka Grafis. C.V. Andi Antar Muka Grafis. C.V. Andi Offset, Yogyakarta.
Suyoto. 2003. Teori dan Pemrograman Grafika Komputer. Gava Media, Yogyakarta.
Yuswanto. 2001. Panduan Belajar Microsoft Visual Basic 6.0. Prestasi Pustaka, Jakarta. http://www.3dgamestudio.com
DOI: 10.33751/komputasi.v4i7.1417 Abstract views : 1935 views : 1095
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.