PENCARIAN JALUR TERDEKAT MENUJU RUMAH SAKIT DI KOTA BOGOR DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA A*

Erniyati ,, Mulyati ,

Abstract


Pencarian jalur terpendek (shortesh path) merupakan salah satu solusi dalam pencarian suatu lokasi yang terdekat jika terdapat beberapa jalur yang dapat dilaluinya.  Seperti halnya dalam pencarian rumah sakit di kota Bogor. Kota Bogor merupakan kota yang cukup luas dan memiliki jalur yang cukup banyak. Untuk mencapai rumah sakit yang dituju dibutuhkan informasi jalur terdekat guna meminimalisir biaya dan waktu yang lebih efisien. Ada beberapa algoritma yang bisa digunakan untuk pencarian jalur terdekat diantaranya yaitu algoritma A* (star), algoritma ini membuang langkah-langkah yang tidak perlu dengan pertimbangan bahwa langkah-langkah yang dibuang sudah pasti merupakan langkah yang tidak akan mencapai solusi yang diinginkan. Sistem ini selanjutnya dihubungkan dengan perangkat mobile yang berbasis android. Dengan menerapkan Algoritma A* (star) diharapkan dapat membantu dalam mencari dan menentukan lintasan terpendek sehingga didapat suatu jalur yang optimal untuk mencapai rumah sakit di Kota Bogor[TA1] 

 [TA1]Belum terlihat tutjuan tahapan penelitian secara jelas


Keywords


: algoritma A*, android, jalur terpendek, rumah sakit.

References


Irsyad M dan Rasila E. 2015. Aplikasi pencarian lokasi gedung dan ruangan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau pada platform Android menggunakan algoritma A-Star(A*), Jurnal CoreIT, 1 (2), Desember 2015.ISSN:2460-738X.

Putra, R. D., Aswin, M., & Djuriatno, W. 2012. Pencarian Rute Terdekat Pada Labirin Menggunakan Merode A*. Jurnal EECCIS, 6(2).

Juhara, Zamrony P. 2016. Panduan Lengkap Pemrograman Android. ANDI. Yogyakarta.

Imam Ahmad, Wahyu Widodo. 2017. Penerapan Algoritma A Star (A*) pada

GamePetualangan Labirin Berbasis Android. Khazanah Informatika. 3(2): 57-62

Tosida, E, T., Walujo, A, D., Ardiansyah, D., dan Yuliani. 2018. Media Belajar Batik Berbasis Teknologi Augmented Reality. Prosiding Kevin Prathama Nugraha1, Dr. Ir. BambangHidayat, IPM2, Leanna VidyaYovita, S.T., M.T. 2017. PerancanganAplikasi Dan ImplementasiPencarianLokasiTerdekatPadaKawasan Telkom University Berbasis Android. e-Proceeding of Engineering: 4(2) Agustus 2017. ISSN: 2355-9365.

Muh. Yamin, Moh. Bandrigo Talai. 2017. Aplikasi Pencarian Jalur Terpendek Pada Rumah Sakit Umum Bahteramas Menggunakan Algoritma A* (A-Star). Jurnal Informatika 9(2): 1065-1078

Yoki Firmansyah, Udi. 2018. Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habi Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika 4(1): 184-191.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/komputasi.v16i1.1729 Abstract views : 1027 views : 490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.