Pelatihan dan Asistensi Model Pembelajaran RADEC Untuk Guru Sekolah Dasar di Wilayah Priangan Timur Jawa Barat

Wahyu Sopandi, Udin Syaefudin Saud, Atep Sujana, Rendi Restiana Sukardi, Indra Suhendra, Yudi Yanuar, Cucun Sutinah, Fanny Sumirat

Abstract


Penyelenggaraan pembelajaran saat ini menuntut para guru untuk dapat mempersiapkan berbagai keterampilan kepada siswa dalam mendukung tercapainya sumber daya manusia Indonesia yang unggul. Untuk itu, pembelajaran di berbagai tingkat pendidikan khususnya jenjang sekolah dasar perlu mengalami pembaharuan, salah satunya yaitu kemampuan guru dalam merancang dan membuat perangkat pembelajaran yang dapat memberikan bekal dan melatih siswa untuk memiliki berbagai keterampilan sehingga mereka siap bersaing secara global. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil dari pelatihan dan asistensi model pembelajaran Read-Answer-Discuss-Explain-and Create (RADEC) terhadap guru-guru Sekolah Dasar yang berada di wilayah Priangan Timur Jawa Barat. Kegiatan pengabdian pada masayarakat melibatkan 12 guru sekolah dasar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Metodologi penelitain menggunakan pendekatan deskriptip kualitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan Google Drive. Kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa guru sekolah dasar mampu merancang dan membuat perangkat pembelajaran model pembelajaran RADEC berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pertanyaan pra-pembelajaran dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), sehingga diharapkan guru-guru dapat mengimplementasikan perangkat pembelajaran yang dibuatnya di sekolah untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru.

Keywords


Pelatihan; asistensi; model RADEC; guru sekolah dasar

Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v14i2.6453 Abstract views : 312 views : 284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Wahyu Sopandi, Udin Syaefudin Saud, Atep Sujana, Rendi Restiana Sukardi, Indra Suhendra, Yudi Yanuar, Cucun Sutinah, Fanny Sumirat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.