Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Topik Energi dan Perubahannya

Nilam Khairani

Abstract


Penelitian ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang energi dan perubahannya tentang sumber dan bentuk energi di kelas III B SD Negeri Kaung Luwuk Bogor melalui penerapan model model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III B di SD Negeri Kawung Luwuk sebanyak 29 siswa, dengan komposisi perempuan 13 siswa dan laki-laki 16 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil pekerjaan siswa, daftar nilai dan lembaran observasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas III B SD Negeri Kawung Luwuk Bogor. Sebelum menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 66,72 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) menjadi 73,62 pada siklus 1 dan 81,72 pada siklus 2. Oleh  karena itu penerapan Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang disesuaikan dengan  materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik.

Keywords


Model CTL; Hasil Belajar; Pembelajaran IPA

References


Arifin. (2001). Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, (2002). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arifin, Zainal. (2012). Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Depdiknas, (2004), Kurikulum KBK, Jakarta: Depdiknas

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia

Hasan. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Kemendiknas, (2011), Panduan Pendidikan Karakter.Jakarta. Depdinas

Muslich, (2007). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara

Nana Sudjana. (2009). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensinda

Roestiyah N.K. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group. Jakarta

Purwanto. (2013). Evaluasi hasil belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rosdiana, dkk, (2013). Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Winataputra, Udin. S, dkk. (2004). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zaenal Aqib, (2016), Kumpulan Metode Pembelajaran, Bandung, Satu Nusa


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v14i2.6613 Abstract views : 226 views : 216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nilam Khairani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.