HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Tatang Muhajang

Abstract


Tujuan penelitian  ini untuk mendeskripsikan hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Ciheuleut 2 Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan study korelasional. Instrumen penelitian sebelum digunakan diuji melalui uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh  hasil penelitian, yang dapat menjawab hipotesis yang diajukan  yaitu terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan  prestasi belajar siswa. Hasil analisis korelasi menggunakan product moment menunjukan koefisien korelasi sebesar 0,9. Hal ini menunjukkan adanya korelasi yang tinggi antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa dan arah yang positif. Artinya jika  kecerdasan emosional  pada diri siswa tinggi maka prestasi belajar siswa pun akan tinggi dan sebaliknya.

Keywords


Kecerdasan Emosional; Pretasi Belajar; Korelasional

References


Abdul sani, 2008. lintas sejarah pemikiran perkembangan modern dalam islam Jakarta: pt raja grafindo persada

Agustian, Ary Ginanjar, 2005. ESQ Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional Dan Spiritual. Jakarta : Arga.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi dan Supriyono. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Azwar, Saifuddin. 1996. Fungsi Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yoyakarta: Pustaka Pelajar.

Bintarti, dkk. 2008. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

DePorter, Bobby, dan Mark Reardon. 2010. Quantum Teaching: Mempraktekan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi belajar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Goleman, Daniel. 2002. Kecerdasan Emosional: Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hawari, Dadang. 2006. IQ, EQ, CQ & SQ Kriteria Sumber Daya Manusia (Pemimpin) Berkualitas. Jakarta: Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Univeritas Indonesia.

Iska, Zikri Neni. 2008. Bimbingan dan Konseling: Pengantar Pengembangan Diri & Pemecahan Masalah Peserta Didik/Klien. Jakarta: Kizi Brothers.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v9i1.6672 Abstract views : 116 views : 185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tatang Muhajang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.