PENERAPAN TEKNIK DIAGRAM ROUNDHOUSE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

Idea Dwi Putri, Teti Rostikawati, Nandang Hidayat

Abstract


Pencapaian nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang masih rendah, khusus materi keanekaragaman hayati menjadi alasan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reserch) ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi dengan menggunakan Teknik Diagram Roundhouse melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian dilakukan di kelas X MIA 3 SMA Negeri 7 Kota Bogor, pada bulan September-November 2015, dengan jumlah siswa 32 orang. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus ada 4 tahap: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Setiap akhir siklus dilakukan evaluasi dengan instrumen yang telah diuji validitas tes, uji reliabilitas item tes, dan uji tingkat kesukaran butir soal. Hasil penelitian menunjukan Teknik Diagram Roundhouse melalui Model Pembelajaran CIRC dapat meningkatkan hasil belajar Biologi. Terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar kognitif siklus I siswa kelas X MIA 3 yaitu 76 dengan persentase ketuntasan 63% dan rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 80 dengan persentase ketuntasan 84%. Selain ranah kognitif, hasil belajar ranah afektif menunjukan rata-rata afektif siswa pada siklus I 78,31 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 83,90. Berdasarkan hasil yang dicapai, dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik diagram Roundhouse melalui model pembelajaran CIRC untuk meningkatkan hasil belajar Biologi dapat meningkatkan hasil belajar Biologi kelas X MIA 3 SMA Negeri 7 Kota Bogor.

Keywords


Teknik Diagram Roundhouse; Model Pembelajaran; CIRC; Hasil Belajar

References


Cahyani, Dwi., Joko, W., & Jekti, P. 2013. Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated reading and Composition) Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bologi (Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013). Jember.

Ekawati, Risma. 2015. Peningkatan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated reading and Composition (CIRC). Malang.

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena

Kusumaningrum, Elisa., Raharjo., & Lisa, L. 2015. Implementasi Strategi Belajar Diagram Roundhouse Melalui Cooperative Integrated reading and Composition (CIRC) Pada Materi Daur Biogeokimia. Surabaya.

Puspitasari, Rara. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated reading and Composition) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII A Pokok Bahasan Ekosistem. Surakarta.

Ratnawati, Lya. 2010. Penerapan Diagram Roundhouse Melalui Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XIIPA SMA Negeri 6 Malang. Malang.

Restika, Gian. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dan Card Sort untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Skripsi Sarjana Pendidikan. Universitas Pakuan, Bogor.

Rukmana, Hantyan Galih Tri. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry disertai Teknik Roundhouse untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI-IPA III SMA Negeri 1 Teras. Boyolali.

Slavin, Robert. 2008. Cooperatif Learning. Bandung: Penerbit Nusa Media

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tampubolon, Saur M. 2014. Penelitian Tindakan Kelas untuk pengembangan Profesi Pendidikan dan Keilmuan. Penerbit Erlangga.

Triyandana, Arga. 2011. Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Diagram Roundhouse melalui Diskusi Panel untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem Kelas X SMA Negeri 9 Malang. (diakses tanggal 14 Juni 2015)

Wahyudi, Yudhis C. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Menggunakan Metode SQ3R untuk Menuntaskan Hasil Belajar Biologi. Jember.

Ward,R.E dan Wandersee, J. 2001. Visual-izing Science Using The Round-house Diagram. Science Scoope. Januari 2001. 24; 4; ProQuest Education Journals (diakses tanggal 3 Juni 2015)

Ward,R.E dan Lee, W.D., 2006. Under-standing The Periodic Table of Elements via Iconic Mapping and Sequential Diagramming: The Roundhouse Strategy. Science Activity Vol. 42. No. 4. (diakses tanggal 3 Juni 2015)

Wibowo, Yuni. 2012. Pengaruh Pembelajaran Diagram Roundhouse Terhadap Kemampuan Kognitif dan Metakognitif Siswa SMA N 1 Ngaglik. Yogyakarta.

Zulyka, Devy. 2012. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta. Surakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v9i1.6684 Abstract views : 178 views : 126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Idea Dwi Putri, Teti Rostikawati, Nandang Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.