HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KONSEP PENGELOLAAN SAMPAH DENGAN PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Mixed Methods Explanatory kuantitatif-kualitatif yang terdiri dari variabel bebas yaitu penguasaan konsep pengelolaan sampah (X) dan variabel terikat yaitu perilaku ramah lingkungan siswa di SMK Wikrama Bogor (Y). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara penguasaan konsep pengelolaan sampah dengan perilaku ramah lingkungan siswa di SMK Wikrama Bogor. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-Juli 2016 dengan populasi siswa SMK Wikrama Bogor tahun akademik 2015/2016 dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Multistage Random Sampling, dengan kriteria Slovin. Analisis data kuantitatif dilakukan melalui perhitungan statistik deskriptif, uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan homogenitas menggunakan uji Bartlett serta pengujian hipotesis data menggunakan teknik regresi linier sederhana dan statistik korelasi. Diperoleh nilai koefisien korelasi (r) = 0,403 dan hasil uji-t pada taraf signifikan a = 0,05 menunjukan thitung = 4,764 dan ttabel = 1,984, sehingga nilai thitung lebih besar dari ttabel. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang kurang erat antara penguasaan konsep pengelolaan sampah dengan perilaku ramah lingkungan siswa di SMK Wikrama Bogor. Hasil penelitian kualitatif diperoleh dua faktor yang menyebabkan kurang eratnya hubungan yaitu faktor dalam diri dan lingkungan luar sekolah. Adapun faktor yang diperkirakan memiliki hubungan erat dengan perilaku ramah lingkungan siswa adalah kebijakan sekolah berupa hukuman dan konsistensi guru.
Keywords
Konsep; Pengelolaan Sampah; Perilaku, Lingkungan; Mixed methods
DOI: 10.55215/pedagogia.v9i1.6687 Abstract views : 150 views : 205
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Anggita Yunnanda, Surti Kurniasih, Rita Retnowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.