Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling pada Siswa Sekolah Dasar

Ibrahim Al Hakim, Deasy Yunika Khairun

Abstract


Penelitian bertujuan mengetahui gambaran pelaksanaan serta hambatan yang mempengaruhi pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode survei. Teknik penelitiannya adalah teknik total sampling karena jumlah populasi hanya 37 orang dengan pengumpulan data menggunakan angket sebanyak 58 item. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan implementasi layanan bimbingan dan konseling di seklah 71 persen dalam kategori rendah, tahap pelaksanaan 85% tinggi, tahap evaluasi 79 persen tinggi. Kesimpulan penelitian adalah implementasi layanan bimbingan dan konseling di SD dilaksanakan oleh guru kelas namun belum sesuai dengan pola pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SD. Saran penelitian bagi kepala sekolah dengan dinas terkait melakukan koordinasi untuk mengkaji lebih lanjut tentang pengimplementasian layanan bimbingan dan konseling di SD sehingga guru kelas dapat memiliki wawasan dan pemahaman yang lebih luas tentang pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar.

Keywords


layanan bimbingan dan konseling; sekolah dasar

Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v9i2.7178 Abstract views : 392 views : 1835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ibrahim Al Hakim, Deasy Yunika Khairun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.