Penerapan Gelombang Otak Alfa untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas X SMA Plus PGRI Cibinong

Ade Wijaya, Anindita Puspita Anindita Puspita

Abstract


Membaca sebagai salah satu keterampilan bahasa Indonesia memerlukan konsentrasi dalam pelaksanaannya. Ketika membaca, siswa tidak bisa dalam kondisi atau keadaan gugup dan panik. Tujuan membaca untuk memeroleh informasi dan memahami bacaan tidak akan tercapai bila siswa tidak nyaman melakukannya. Nyaman atau tidak kondisi membaca di ruang kelas dapat diberdayakan oleh guru. Dengan kemampuan guru mendesain suasana belajar di kelas yang kondusif dan mengaktifkan gelombang otak alfa siswa, diharapkan tujuan pengajaran dapat tercapai secara maksimal. Penelitian penerapan gelombang otak alfa terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Berdasarkan hasil penghitungan dengan menggunakan rumus t-tes. Diperoleh harga t0 adalah 2,75 lebih besar dari pada harga tt, baik ditaraf sigifikan 5 persen maupun ditaraf signifikan 1 persen. Diketahui harga t kritik pada tt 5 persen=1,67, tt 1 persen=2,39. Dengan demikian harga to signifikan karena nilai tt lebih kecil dari to yaitu 1,67l ebih kecil dari 2,75 lebih besar dari 2,39. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan gelombang otak alfa berhasil meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Plus PGRI Cibinong.

Keywords


Membaca; gelombang otak; bawah sadar

Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v9i2.7182 Abstract views : 146 views : 254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ade Wijaya, Anindita Puspita Anindita Puspita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.