Peranan Keluarga dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Mira Mirawati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi peranan keluarga, karakter yang dikembangkan, pendekatan yang digunakan, faktor-faktor yang berperan, hambatan-hambatan, serta upayaupaya yang dilakukan dalam mengatasi pendidikan karakter anak usia dini dalam keluarga. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian diambil sebanyak empat keluarga yang memiliki kriteria berbentuk keluarga ialah keluarga inti lengkap yang terdiri dari ayah, ibu dan anak, keluarga berasal dari latar belakang status sosial ekonomi yang berbeda, Keluarga memiliki anak usia dini yang berusia 4-6 tahun dan posisi urutan anak dalam keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama peranan ibu lebih mendominasi dibandingkan dengan peranan ayah dalam pendidikan karakter anak usia dini. Kedua, karakter yang dikembangkan antara lain mandiri dan tanggungjawab, Ketiga pendekatan pendidikan karakter anak usia dini yang dilakukan adalah 1) kasih sayang, 2) nasehat, 3) disiplin, 4) keteladanan, 5) pembiasaan, 6) dan penggunaan media elektronik. Keempat, faktor yang berperan antara lain faktor intern dan ekstern keluarga Kelima, hambatan yang terjadi dalam pendidikan karakter anak usia dini berupa perkembangan sosial dan emosional anak belum berkembang secara optimal. Keenam upaya mengatasi hambatan dalam pendidikan karakter yang dilakukan antara lain pendekatan kasih sayang dan nasehat ialah upaya yang paling dominan dilakukan para keluarga pada anak-anak.

Keywords


Peranan keluarga; pendidikan karakter; anak usia dini

Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v9i2.7184 Abstract views : 287 views : 723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mira Mirawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.