Penggunaan Strategi Sentence Collection Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur

Misnawati Meiserra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan siswa dalam menulis teks prosedur dengan menggunakan strategi sentence collections. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam siklus I dan siklus II, yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini, yaitu proses pembelajaran, peningkatan keterampilan menulis teks prosedur peserta didik, perubahan sikap peserta didik, dan tanggapan peserta didik pada kegiatan pembelajaran menulis teks prosedur dengan strategi sentence collection pada peserta didik kelas VII SMP. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes dan untuk menganalisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif, dengan target ketuntasan klasikal sebesar 85%, dengan nilai KKM 70. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dalam dua siklus, proses pembelajaran menulis teks prosedur mengalami peningkatan pada setiap aspek pengamatannya, dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 74,16 meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 82,94. Untuk hasil peningkatan hasil belajar menulis teks prosedur mengalami peningkatan dari hasil prasiklus, siklus I, sampai siklus II. Meningkatnya hasil belajar peserta didik juga diiringi dengan perubahan sikap peserta didik. Hasil perubahan sikap religius mengalami perbedaan pada perolehan nilai modus antara siklus I dan siklus II serta memperoleh hasil yang sama pada jumlah ketuntasan secara keseluruhan yaitu sebanyak 31 peserta didik berhasil mencapai nilai KKM.

Keywords


Strategi Sentence Collections; Keterampilan menulis; Teks prosedur

References


Aqib, Z. (2012). Pendidikan karakter di sekolah, membangun karakter dan kepribadian anak. Yrama Widya.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara.

Chaer, A. (2008). Morfologi bahasa Indonesia: (Pendekatan proses). Rineka Cipta.

Chaer, A. (2009). Sintaksis bahasa Indonesia: Pendekatan proses (Cet. 1). Rineka Cipta.

Dalman, H. (2018). Keterampilan menulis. Rajawali Pers.

Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., & Moeliono, A. M. (2000). Tata bahasa baku bahasa Indonesia (3rd ed). Balai Pustaka.

Daryanto. (2010). Belajar dan mengajar. Yrama Widya.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi belajar mengajar. Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2004). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2006). Manajemen pengembangan kurikulum. Remaja Rosdakarya.

Harsiati, T., Trianto, A., & Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hartono, B. (2012). Dasar-dasar Kajian Wacana. Semarang: Pustaka Zaman.

Iskandarwassid, & Sunedar, D. (2008). Strategi pembelajaran bahasa. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya.

Josua, H. M. N. (2010). Improving explanation writing skills of junior secondary learners in life sciences: A case study. Rhodes University.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). Introducing critical participatory action research. The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research, 1–31.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Mohammad, J. (2011). implementasi paikem dari behaviorristik sampai konstruktivistik: Sebuah pengembangan pembelajaran berbasis CTL. Prestasi Pustaka.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013 (Cetakan pertama). PT Remaja Rosdakarya.

Putrayasa, I. B. (2007). Analisis Kalimat: Fungsi, Kategori dan Peran. Refika Aditama.

Rifai, A., & Anni, C. T. (2009). Psikologi Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Rohani, A. (1997). Media instruksional edukatif. Rineka Cipta.

Sadiman, A. S., Harjito, Haryono, A., & Rahardjo, R. (2014). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya (Cetakan ke-17). RajaGrafindo Persada.

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Subyantoro. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Rumah Indonesia.

Sudjana, N. (2014). Dasar-Dasar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode penelitian pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Trianto, & Sunarni. (2011). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Prestasi Pustaka.

Wena, M. (2016). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: Suatu tinjauan konseptual operasional. Bumi Aksara.

Wiesendanger, D., & Katherine. (2001). Strategies for Literacy Education. Columbus. New Jersey: Merril Prentice Hall.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v15i1.7855 Abstract views : 101 views : 94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Misnawati Meiserra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.