Implementasi Pembelajaran STEM Berbasis Lesson Study Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Ajeng Andini Pujasmara, Desti Herawati, Lufty Hari Susanto

Abstract


Kemampuan berpikir kreatif  yaitu suatu kecakapan yang melibatkan seseorang untuk berimajinasi atau bernalar sesuai dengan pemikirannya sendiri, hal tersebut akan memunculkan sebuah ide atau gagasan yang baru dan inovatif dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Pembelajaran STEM merupakan pendekatan dalam pendidikan di mana Sains, Teknologi, Teknik, Matematika terintegrasi dengan proses pendidikan yang berfokus pada pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang nyata serta dalam kehidupan professional. Pembelajaran STEM berbasis lesson study dapat membantu siswa untuk mengikuti perkembangan zaman, karena saat ini pembelajaran bukan hanya seputar teori, konsep dan suatu mata pelajaran dengan fokus bahasan saja tetapi peserta didik juga dilatih untuk mengintegrasikan empat bidang sekaligus untuk menjadi sebuah kesatuan dan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) berbasis lesson study. Penelitian dilaksanakan pada salah satu SMA Negeri di kabupaten Bogor.  Penelitian ini dilakukan di kelas X semester genap tahun ajaran 2021/2022 Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran STEM berbasis lesson study dapat menstimulasi kemampuan berpikir kreatif siswa, hal ini ditandai dengan munculnya kemampuan .. hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran STEM berbasis lesson study ini dapat diterpkan oleh guru di sekolah untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa.

Keywords


Berpikir Kreatif; Pendekatan STEM; Lesson Study

References


Ariksrikiana, A., Nuryadin, S., & Sunaryo, S. (2018). Pengaruh Pengetahuan Tentang Isu-Isu Lingkungan dan Kepribadian (Introvert-Ekstrovert) Terhadap Perilaku Bertanggungjawab Lingkungan di SMAN 1 Bekasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 19(1), 59–72. https://doi.org/10.21009/PLPB.191.04

Astuti, N. H., Rusilowati, A., & Subali, B. (2021). STEM-based learning analysis to improve students’ problem solving abilities in science subject: A literature review. Journal of Innovative Science Education, 10(1), 79-86.

Bilgin, I., Karakuyu, Y., & Ay, Y. (2015). The effects of project based learning on undergraduate students’ achievement and self-efficacy beliefs towards science teaching. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(3), 469-477.

Can, H. B. (2019). Learning Science Teaching by Taking Advantages of Lesson Study: An Effective Form of Professional Development. Journal of Educational Issues, 5(2), 150-169.

Hasanuddin, H., Marlina, M., & Sukowati, I. (2022). Peningkatan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Melalui Pembelajaran STEM Berbasis Lesson Study Pada Materi Perubahan Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(2), 117. https://doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11630

Huliatunisa, Y., Wibisana, E., & Hariyani, L. (2020). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(1). https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2567

Lestari, P., & Zulyusri. (2022). Studi Literatur Implementasi Penerapan LKPD Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis (KBK) Peserta Didik. BIODIK, 8(3), 63–70.

Mu’minah, I. H., & Aripin, I. (2019). Implementasi STEM Dalam Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan I, 1, 1495–1503.

Nurlenasari, N., Lidinillah, D. A. M., Nugraha, A., & Hamdu, G. (2019). Assessing 21st century skills of fourth-grade student in STEM learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1318, No. 1, p. 012058). IOP Publishing.

Rohmah, U. N., Ansori, Y. Z., & Nahdi, D. S. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan I, 1, 471–478.

Supranoto, H. (2015). Penerapan Lesson Study Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogi Guru SMA Bina Mulya Gadingrejo Tahun Pelajaran 2015/2016. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(2). https://doi.org/10.24127/ja.v3i2.330

Susilo, H. (2013). Lesson Study Sebagai Sarana Meningkatkan Kompetensi Pendidik. 1–32.

Tangahu, W., Rahmat, A., & Husain, R. (2021). Modern education in revolution 4.0. International Journal of Innovations in Engineering Research and Technology, 8(1), 1-5.

Tina, T., & Istiqomah, N. (2019). Pengaruh Penerapan Project Based Learning Model Pada Mata Pelajaran Green Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Verbal Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 20(01), 42–53. https://doi.org/10.21009/plpb.v20i01.7841

Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. STEAM Terintegrasi Kearifan Lokal Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0, 1–18.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v15i1.8445 Abstract views : 177 views : 142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ajeng Andini Pujasmara, Desti Herawati, Lufty Hari Susanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.