Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Platform Genially Pada Subtema Penghematan Energi

Maria Septianingsih, Dadang Kurnia, Nur Hikmah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dari hasil pengembangan multimedia interaktif  berbasis genially agar dapat digunakan peserta didik kelas III SD Mardi Waluya Bogor dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Dilakukan dengan uji validasi kepada ahli media, bahasa dan materi dengan menggunakan angket sebagai instrumen serta mengumpulkan respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Hasil validasi multimedia interaktif dari ahli media memperoleh persentase sebesar 91,1% dengan kriteria sangat layak, dari ahli bahasa didapatkan persentase sebesar 100% dengan kriteria sangat layak dan persentase dari ahli materi didapatkan 97,3% dengan kategori sangat layak. Hasil respon peserta didik terhadap multimedia interaktif mendapatkan persentase 92,2% dengan kategori sangat layak. Dilihat dari hasil tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa multimedia interaktif sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran pada subtema penghematan energi kelas III SD Mardi Waluya Bogor.

Keywords


media; multimedia interaktif; platform genially; Research and Development

References


Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24

Anggraini, A. A. D., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenal Huruf dan Angka Dengan Model Addie. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 9(4), 426–432.

Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (3rd ed.). Bumi Aksara.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13.

Baena del Río, L. (2020). Fuentes de financiación alternativas para startups. El caso de Genially Web, S.L. Universidad de Córdoba.

Fatma, N. & Ichsan. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Genially untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di SD Muhammadiyah. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 3(2), 50–59. https://doi.org/10.47766/ga.v3i2.955

Fernández, P. T., Gómez, M. P., Canales, I. S., Estrugo, L. L., Pilares, E. J. R., Carrasco, M. C., Ríos, L. J., & González, F. J. C. (2019). Motivar y aprender. El reto de las TIC en el aula de Humanidades. Iberoamérica Social Editorial.

Huda, A., & Ardi, N. (2022). Teknik Multimedia dan Animasi. UNP PRESS.

Lunardi, L., Rakoski, M. C., & Forigo, F. M. (2021). Ferramentas digitais para o ensino de Ciências da Natureza. Editora Faith.

Mandinach, E. B., & Cline, H. F. (2013). Classroom dynamics: Implementing a technology-based learning environment. Routledge.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921

Putra, R. E., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2023). Development of Visual Basic for Application (Vba) Quiz Games Learning Media in Social Sciences (Ips) In Elementary Schools. Education Technology Journal, 2(1), 6-26.

Silva, M. E. E. (2020). Características de las herramientas multimedia para el desarrollo de Presentaciones Interactivas. JOURNAL OF SCIENCE AND RESEARCH, 5, 873–891. https://doi.org/10.5281/ZENODO.4452944

Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. https://doi.org/979-8433-71-8

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (4th ed.). Alfabeta.

Yuniastuti, Mittakhuddin, & Khoiron, M. (2021). Media Pembelajaran untuk Generasi Milenial: Tinjauan Teoritis dan Pedoman Praktis. Scopindo Media Pustaka.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v15i1.8470 Abstract views : 323 views : 210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Maria Septianingsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.