Penerapan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Biografi

Hety Rahmawati, Stella Talitha, Lusi Dahniar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menganalisis struktur teks biografi dengan menggunakan media puzzle. Kemampuan menganalisis struktur dilihat dari perolehan hasil belajar menganalisis struktur teks biografi yang di dalamnya terdapat indikator membedakan (differentiating), mengorganisasikan (organizing), dan menghubungkan (attributing). Subjek penelitian ini adalah 35 peserta didik dari kelas X-A. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK), yaitu peneliti sebagai guru pelaksana sekaligus pengamat, berkolaborasi dengan peneliti lain. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus dengan menggunakan 4 tahapan: merencanakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar menganalisis struktur teks biografi selama 2 siklus, hasil observasi aktivitas peserta didik, dan angket kuesioner penggunaan media puzzle. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan pada nilai rata-rata tes menganalisis struktur teks biografi secara signifikan. Nilai rata-rata prasiklus sebanyak 75,78, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 85,34, dan pada siklus II menjadi 93,98. Hasil observasi aktivitas peserta didik selama belajar menunjukkan persentase yang meningkat pada tiap siklus, dimulai dari prasiklus dengan persentase 79%, meningkat di siklus I dengan persentase 87%, dan pada siklus II mencapai 90%. Berdasarkan angket kuesioner, media puzzle memperoleh hasil persentase sebanyak 93% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, penerapan media puzzle dapat meningkatkan kemampuan menganalisis struktur teks biografi siswa SMA.

Keywords


Kemampuan menganalisis; media puzzle; struktur teks biografi

References


Adiningsih, S., Mahsun, M., & Burhanuddin, B. (2023). Kemampuan Memproduksi Teks Biografi Siswa Kelas X SMKN 2 Kuripan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1572-1580.

Akmaluddin, N. F. N. (2018). Realitas Penggunaan Bahasa Indonesia Ragam Tulisan Pada Lembaga Pemerintahan. Mabasan, 12(1), 1-20.

Arifin, A., & Rois, S. (2017). Kesalahan leksikogramatikal pada teks recount. Jurnal Kata: Penelitian tentang Ilmu Bahasa dan Sastra, 1(2), 144-152.

Damayanthi, N. P. D., Silalahi, D. A., & Putra, M. J. N. D. (2023). Ragam Bahasa Mahasiswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring di ITB Stikom Bali. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(12), 4777-4786.

Darso, D. (2011). Kesiapan Belajar Siswa Dan Interaksi Belajar Mengajar Terhadap Prestasi Belajar. INVOTEC, 7(2).

Dwinuryati, Y., Andayani, A., & Winarni, R. (2018). Analisis Kohesi Gramatikal dan Leksikal pada Teks Eksposisi Siswa Kelas 10 Sekolah Menengah Atas. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 61-69.

Indrasari, M., Subiyantoro, S., & Hastuti, D. (2023). Application of Problem-Based Learning Models and Puzzle Media to Improve The Learning Outcomes. Cognitive Development Journal, 1(1), 28-36.

Pramesti, E. G., Zafiera, F. D., Huwaida, J. H., Khairunnisa’Anugerah, S., & Utomo, A. P. Y. (2023). Analisis Frasa pada Teks Biografi dalam Buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas X Kurikulum Merdeka. Jurnal Majemuk, 2(4), 524-534.

Rahayu, M. (2022). Escalation Of Science Learning Activities And Outcomes Through The Use Of Puzzle Media. Journal of Primary Education (JPE), 2(1), 48-58.

Ramlah, R., Riana, N., & Abadi, A. P. (2022). Fun math learning for elementary school students through interactive puzzle media. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 25-34.

Resmini, dkk. (2007). Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Tinggi. Bandung: UPI Press.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Grup.

Sumilat, J. M. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sisiwa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 865-870.

Sutrisno, S., Wardah, W., Panjaitan, M., Marlina, S., Manurung, A. K. R., Sinaga, M., Lasty, W. F., Lestari, E., Sari, W., & Abidin, Z. (2023). Media Pembelajaran: Konsep Dan Aplikasi. Penerbit Tahta Media.

Wilson, L. O. (2016). Anderson and Krathwohl–Bloom’s taxonomy revised. Understanding the new version of Bloom's taxonomy.

Yulinda, M. F. F., & Saifuddin, M. F. (2022). Digital puzzle: Alternative media for cell learning in middle school. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4(2), 230-234.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v15i2.9318 Abstract views : 124 views : 61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hety Rahmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.