Penerapan Metode Perang Dinding Pada Materi Teks Biografi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

Tania Lestari, Stella Talitha, Lusi Dahniar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa SMA dengan menerapkan metode permainan perang dinding pada materi teks biografi. Motivasi belajar tersebut dapat dilihat dari dua sumber, yaitu motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Fokus penyelesaian masalah penelitian ini terletak pada motivasi ekstrinsik. Motivasi ekstrinsik yang dilakukan guru dalam rangkaian pembelajaran memiliki tujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar serta hasil belajar. Jenis penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah PTKK atau Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif dengan subjek penelitian sebanyak 36 orang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif adalah penelitian yang dilaksanakan oleh guru dan bertindak sebagai pengamat serta berkolaborasi dengan peneliti lain. Dilakukan 3 siklus di dalam penelitian ini yang terdiri dari pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Ketiga siklus tersebut menggunakan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Angket dan tes hasil belajar siswa mengenai teks biografi merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini. Dari rangkaian pengolahan data tersebut didapatkan hasil penelitian yaitu terjadinya kenaikan motivasi belajar siswa. Ditunjukkan melalui nilai rata-rata sebesar 77,38 atau sebesar 77,4% pada siklus I menjadi 79,66 atau sebesar 80% pada siklus II. Data ini didukung dengan peningkatan regulasi diri yang ditunjukkan melalui nilai rata-rata sebesar 49,02 atau sebesar 65% pada siklus I menjadi 53,52 atau sebesar 71% pada siklus II dan hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata yang didapat dari siklus I sebesar 74,2 menjadi 76,8 pada siklus II. Dengan demikian penerapan metode permainan perang dinding pada teks biografi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Keywords


Metode Pembelajaran; Metode Permainan; Perang Dinding; Teks Biografi; Motivasi Belajar

References


Amris, F. K., & Desyandri, D. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171-2180.

Atkinson, E. S. (2000). An investigation into the relationship between teacher motivation and pupil motivation. Educational Psychology, 20(1), 45-57.

Burhan, B., Sigit, A., & Alwi, M. (2022). Pengaruh Dukungan Keluarga, Konsep Diri Akademik dan Regulasi Diri terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa UPPJB-UT Makassar (Studi Pada Mahasiswa Pendas Pokjar Tana Toraja). Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(1), 69-83.

Handayani, W., & Rochmahwati, P. (2020). Metode Permainan Dengan Papan Angka Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 201-215.

Hatmiah, H., Elpisah, E., & Tahir, M. I. T. (2022). Hubungan Antara Perhatian Orang Tua, Konsep Diri, Motivasi dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4499-4505.

Maslow, A. H. (2013). Toward a psychology of being. Simon and Schuster.

Nugroho, G. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di SDN16/II Sepunggur. Integrated Science Education Journal, 1(2), 65-69.

Nurhuda, S. P., & Karimah, A. (2023). Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Sosial Dalam Pandangan Islam. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora Dan Seni, 1(4), 684-690.

Pramesti, E. G., Zafiera, F. D., Huwaida, J. H., Khairunnisa’Anugerah, S., & Utomo, A. P. Y. (2023). Analisis Frasa pada Teks Biografi dalam Buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas X Kurikulum Merdeka. Jurnal Majemuk, 2(4), 524-534.

Romadhoni, E., Wiharna, O., & Mubarok, I. (2019). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran gambar teknik. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 228-234.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Grup.

Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 181-204.

Sartika, S. H. (2021). Motivasi Belajar dan Regulasi Diri Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 260-271.

Widayanti, E. R., & Slameto, S. (2016). Pengaruh penerapan metode teams games tournament berbantuan permainan dadu terhadap hasil belajar IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 182-195.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v15i2.9319 Abstract views : 177 views : 144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tania Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.