EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MELALUI PRAKTIKUM BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISTEM RESPIRASI

Rifki Risma Munandar, Susi Sutjihati, Aip M Irpan

Abstract


ABSTRAK

Belajar merupakan suatu upaya yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1).mengkaji penguasaan konsep mahamahasiswa  dengan model pembelajaran inkuiri berbasis praktikum melalui lesson study pada konsep respirasi. 2) Mengkaji aktivitas mahasiswa terhadap penggunaan model pembelajaran inkuiri berbasis praktikum melalui lesson study pada konsep respirasi. Metode kuasi eksperimen dengan disain one shot case study. Sampel penelitian yaitu mahasiswa kelas A dan kelas B semester I Program Studi Pendidikan Biologi FKIP, Universitas Pakuan Bogor sebanyak 45 orang. Penelitian ini dilakukan pada mata kuliah praktikum Biologi Umum dengan materi Respirasi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep menggunakan soal essai ditambah dengan lembar observasi ketika proses pebelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri melalui praktikum berbasis lesson study sangat efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep sistem respirasi dan aktivitas mahasiswa pada saat proses pembelajaran. Hal ini dilihat dari banyaknya nilai mahasiswa yang melebihi batas ketuntasan sebanyak 80%. Saran agar dosen dapat menerapkan kegiatan laboratorium berbasis inkuiri pada materi lain.

Kata kunci: Inkuiri, Praktikum, Penguasaan Konsep

 

ABSTRACT

Learning is an efforts done by someone to achieve a change in behavior as a result of his/her own interaction with the environment. This research is aimed at 1). Studying students mastery concept using inquiry learning model through practicum based lesson study on respiration concept. 2). Studying students activity through the use of inquiry learning model through practicum based lesson study on respiration concept. Quasi experiment method with one shot case study is used in this research. The sample is 45 students form class A and B of the first semester of Biology Study Program Faculty of Teachers Training and Education Sciences Pakuan University Bogor. The research was conducted on general biology practicum, discussing respiration system material. Instrument used in measuring mastery concept are essay test item and observational sheet to check the finding during teaching learning process. The result shows that inquiry learning through practicum with lesson study based is very effective in improving mastery concept of respiration system and students activity during teaching learning process. It can be seen from students score which mostly higher than mastery limit around 80%. It is suggested that lecturer can apply laboratories activity inquiry based on other materials.

 

Keyword: Inquiry, Practicum, Concept Mastery



References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto,S (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Campbell, N.A., Reece, J.B., dan Mitchel, L.G. (2008). Biology Eight Edition. San Francisco: Pearson Education, Inc.

Dahar, R. W. (1989). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Dewi, N. L., Dantes, N., & Sadia, I. . (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan konsep Siswa. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(2).

Hendayana, Sumar., Sukirman., Karim, MA. 2007. Studi peran IMSTEP dalam penguatan program pendidikan guru MIPA di Indonesia. Educationist. Vol 1 (1): 28-38.

Lang, H. R., dan Evans. (2006). Models, Strategies, and Methods: for Effective Teaching. Amerika: Pearson Education.

Lewis, C. 2002a. Does Lesson Study Have a Future in the United States?. Nagoya Journal of education and human development. No 1: 1-23. Online. www.lessonresearch.net/nagoyalsrev.pdf‎. Diakses pada tanggal 9 September 2013.

Muayadah, L., Utami, N, R., & Supriyanto. (2012). Efektivitas Kegiatan Laboratorium Berbasis Inkuiri Pada Materi Sistem Respirasi Manusia. Unnes Journal of Biology Education, 1(1), 7985.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar . Jakarta: Rineka Cipta.

Rustaman, N., Dirdjosoemarto, S., Yudianto, S.A. Achmad, Y., Subekti, R., Rochintawati, D., Nujhani, M. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang : UM Press

Rustono, W. S. 2008. Meningkatkan kemampuan mahasiswa menerapkan strategi pembelajaran melalui lesson study di sekolah dasar. Jurnal pendidikan dasar. (10):1-7.

Santyasa, I Wayan. 2009. Implementasi lesson study dalam pembelajaran. Disajikan dalam â€Seminar Implementasi Lesson Study dalam Pembelajaran bagi Guru-Guru TK, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Nusa Penida, Tanggal 24 Januari 2009. Universitas Pendidikan Ganesha.

Slameto, (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Solehudin, M. (2011). Kegiatan Laboratorium Pemecahan Masalah pada Konsep Alat Indra untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMAâ€. Makalah pada Seminar Nasional dan Temu Alumni III UPI, Bandung.

Utami, R. Sumarni, W. Habibah, N. A. (2017). Unnes Science Education Journal. Unnes Science Education Journal, 6(1), 14961502. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/usej.v3i2.3349

Zacharia, Z. C., Olympiou, G., & Papaevripidou, M. (2008). Effects of experimenting with physical and virtual manipulatives on students conceptual understanding in heat and temperatureâ€. Journal of Research in Science Teaching, 45, (9), 1021 1035.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/pedagog.v3i2.1303 Abstract views : 3757 views : 11535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PEDAGONAL | JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.