HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)

Sastra Wijaya

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Kecerdasan Emosional dan motivasi berprestasi siswa dengan hasil belajar IPS siswa di SDN Kota Serang. Penelitian ini dilaksanakan dilaksanakan di SDN Walantaka Kota Serang, dengan subyek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian metode kuantitatif untuk mengetahui sejauh mana hubungan atara kecerdasan emosional dan motivasi berprestasi siswa dengan hasil belajar IPS siswa di kelas IV. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif antara variabel kecerdasan emosional sebagai variabel X1 dan variabel motivasi berprestasi siswa sebagai X2 dengan variabel hasil belajar IPS siswa sebagai variabel Y. nilai R square sebesar 0.880, yang berarti peran atau kontribusi variabel Kecerdasan Emosional  dan motivasi berprestasi siswa mampu menjelaskan variabel hasil belajar IPS siswa sebesar 88.0%. Implikasi dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa hasil belajar IPS siswa dapat mempengaruhi kecerdasan emosional dan motivasi berprestasi siswa. Berdasarkan data hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan: (1) Adanya suatu hubungan yang positif antara variabel X1 dengan variabel Y. dapat dikatakan bahwa kecerdasan emosional yang dimiliki oleh siswa dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan serta bakatnya dalam bidang Ilmu Pengetahuan Sosial; (2) Terdapat hubungan yang positif antara kemampuan motivasi berprestasi siswa (X2) terhadap hasil belajar IPS (Y) dan (3) Secara bersamaan terdapat hubungan positif antara kedua variabel bebas dengan variabel terikat yaitu kecerdasan emosonal dan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jadi hasil belajar IPS dapat dipengaruhi dengan adanya motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis siswa secara bersamaan. Sehingga penelitian ini mengatakan bahwa variabel Y sangat dihubungakan dengan kedua variabel bebas yaitu kecerdasan emosional dan motivasi berprestasi siswa.

 

Kata kunci: kecerdasan emosional, motivasi berprestasi siswa, dan hasil belajar IPS


 

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the relationship between emotional intelligence and student achievement motivation of students with learning outcomes of students at SDN Serang City. This research was conducted in SDN Walantaka Serang, with the fifth grade students study subjects who were 30 students. This study used quantitative research methods to determine the extent of the relationship only between emotional intelligence and student achievement motivation of students with learning outcomes social science students in the class IV. The results of this study showed a positive relationship between emotional intelligence variable as variable X1 and X2 as student achievement motivation ability student with social science student outcome variables as the dependent variable Y. R square value of 0.880, which means the role or contribution of variable emotional intelligence and and ability variables student achievement motivation are able to explain the variable results of social science students at 88.0%. The implications of this research indicate that the social science student learning outcomes can affect emotional intelligence and student achievement motivation. Based on the results of the research carried out it can be concluded: (1) There is a positive relationship between variables X1 with variables Y. It can be said that emotional intelligence possessed by students can improve and develop their abilities and talents in the field of Social Sciences; (2) There is a positive relationship between the ability of student achievement motivation (X2) on social studies learning outcomes (Y) and (3) Simultaneously there is a positive relationship between the two independent variables with dependent variables namely emotional intelligence and student achievement motivation on learning outcomes of Science Social (IPS). So social studies learning outcomes can be influenced by the presence of achievement motivation and students' critical thinking skills simultaneously. So that this study says that the Y variable is closely related to the two independent variables namely emotional intelligence and student achievement motivation.

 

Keywords: emotional intelligence, students achievement motivation, and student social science results.


References


Daftar Pustaka

Bloom, Benyamin S, Taxonomi Of Education Objective. London:Logman, 1989.

Goleman, D, Kecerdasan Emosi :Mengapa Emotional Intelligence Lebih Tinggi Daripada IQ, Alih Bahasa : T. Hermay, (Jakarta PT. Gramedia Pustaka Utama, 2000).

Etin Solihatin dan Raharjo. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

Kristanty, Theresia. Evaluasi Pembelajaran Bagi Mahasiswa PAUD dan DIKDAS. Jakarta:UNJ. 2009

Ahmad Purba. Emotional Intelligence, Seri Ayah Bunda, (Jakarta: Dian Raya, 1999)

Albrecht, Karl. Metode Peningkatan Potensi Berpikir. (Semarang: Pahara Prize Semarang. 2003).

Arifin, Zaenal. Evaluasi Instruksional. (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004).

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek. (Jakarta: Rineka Cipta, 2002)Kristanty, Theresia. Evaluasi Pembelajaran Bagi Mahasiswa PAUD dan DIKDAS. Jakarta:UNJ. 2009

L.N. Jewell& M. Siegel, Psikologi Industri/OrganisasiModern.Penerjemah HadyanaPujaatmaka. Jakarta: Arcan. 2000

Ngalim Purwanto. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2003.

Robbins, S. P., Teori Organisasi: Struktur, Desain &Aplikasi. Penerjemah Jusuf Udaya. Jakarta: Arcan. 2001

Sapriya, Pendidikan IPS, Konsep dan Pembelajara. Bandung: PT. Rosdakarya, 2012.

Sardjiyo.Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka. 2012

Schunk, Dale H. Learning Theories. Penerjemah Eva Hamdiah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2012

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: PT Rineka Cipta. 2010

Suriasumantri, Jujun S.Filsafat llmu Sebuah Pengantar Populer.Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. 2007

Usman, Husain, Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2009.

Uno, Hamzah B..Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: bumi aksara. 2007.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/pedagog.v3i2.1305 Abstract views : 771 views : 417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PEDAGONAL | JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.