IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MULTIPLE INTELLEGENCE DI SMA INKUSI SCHOOL OF HUMAN JATISAMPURNA-BEKASI
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembelajaran biologi berbasis multiple intellegence di SMA Inklusi School of Human Jatisampurna Bekasi. Penelitian dilaksanakan mulai Januari Juli 2018 dengan beberapa informan yaitu guru biologi, direktur sekolah, principal sekolah, kepala sekolah, kepala kurikulum, kepala ruang inklusi, buddy, siswa dan orang tua siswa. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik terhadap subjek penelitian yang ada di lapangan dan diperoleh data yang berasal dari wawancara dan observasi, serta data dari studi dokumentasi. Berdasarkan analisis data yag dilakukan melalui analisis antar situs dan dalam situs, pembelajaran biologi berbasis multiple intellegence dibagi menjadi 3 proses diantaranya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran dimulai dengan siswa melakukan tes MIR (multiple intellegence research) untuk melihat dominansi kecerdasan siswa. Kompetensi inti mengacu pada main subject yaitu character building, creativity, enterpreneur, dan problem solving. Aktivitas pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan saintifik. Pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan multistrategi mengajar dalam memfasilitasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran menggunakan penilaian autentik terdiri dari afektif sikap, kognitif pengetahuan, psikomotorik keterampilan dengan laporan perkembangan siswa berupa raport portopolio yang berisi perkembangan character building, creativity, enterpreneur, dan problem solving. Pembelajaran berbasis multiple intellegence menyebabkan gaya mengajar guru sesuai dengan gaya belajar siswa.
Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Multiple Intellegence, Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran ,Evaluasi Pembelajaran, Multiple Intellegence Research
ABSTRACT
This research is a qualitative research with descriptive analytics method. The purpose of this study was to describe and analyze biology-based multiple intelligence learning in the Inclusion School of Human Jatisampurna High School Bekasi. The study was conducted from January to July 2018 with several informants, namely biology teachers, school directors, school principals, headmaster, heads of curriculum, heads of inclusion rooms, buddies, students and parents of students. This research was conducted with a qualitative approach with descriptive analytical methods for the research subjects in the field and obtained data derived from interviews and observations, as well as data from documentation studies. Based on data analysis carried out through analysis between sites and on the site, biology learning based on multiple intelligence is divided into 3 processes including planning, implementing, and evaluating. Learning planning begins with students doing MIR (multiple intelligence research) tests to see the dominance of students' intelligence. Core competencies refer to the main subject, namely character building, creativity, entrepreneurship, and problem-solving. Learning activities were carried out with a scientific approach. The implementation of teacher learning uses multi-strategic teaching in facilitating learning. Evaluation of learning uses authentic assessment consisting of affective attitudes, cognitive knowledge, psychomotor skills with student development reports in the form of portfolio portfolios that contain the development of character building, creativity, entrepreneurship, and problem-solving. Multiple intelligence-based learning causes teacher teaching styles in accordance with student learning styles.
Keyword: Multiple intelligence-based learning, Planing Learning, Implementing Learning, Evaluating Learning, Multiple Intellegence Research
References
DAFTAR PUSTAKA
Agustina, L., 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian, Vol.1: No.2. http://www.jurnal.upi.edu/file/8-Ghullam-Hamdu
Alamsyah Said. 2017. Revolusi Mengajar Berbasis Neurosains Jakarta: Prenada Media.
AH Hermawan. 2014. Konsep Dasar dan Model-model Pembelajaran Terpadu [Online]. Diakses dari http://www.repository.ut.ac.id/4039/1/PDGK4205-M1.pdf. [20 Juli 2018].
Ernawati, L. 2017. Pengembangan High Order Thinking (HOT) Melalui Metode Pembelakaran Mind Banking Dalam Pendidikan Agama Islam, PROCEEDINft, 189, diakses melalui http:/bit.ly/2k66VLI pada tanggal 20 Juli 2018.
Falentini, F ,Y. 2013. Usaha Yang Dilakukan Siswa Dalam Menentukan Arah Peilihan Karir dan ambatan-Hambatan yang Ditemui. (Studi Deskriptif terhadap Siswa SMA N 3 Payakumbuh). KONSELOR Jurnal Ilmiah Konseling Volume 2 Nomor 1 Januari 2013
Gardner. 2011. Frames of Mind: The Theory of Multiple Intellegence. New York: Basic Books.
Johansson. Soffie, Ann. 2013. Skill Energy BSR Case Finland. Satakunta: Satakunta University of Applied Sciences.
Miles, Mattew B dan A. Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif. 2007. Buku sumber tentang metode- metode baru. Jakarta: Universitas Indonesia. Press.
Chatib. 2012. Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa.
Chatib. 2013. Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa.
N. Ngalim Purwanto. 2004. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya..
Paul Suparno. 2004. Teori Intelligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.
Permendikbud No 66 Tahun 2013, tentang Standar Penilaian Pendidikan. Pusat Kurikulum 2013
Purwatiningsih. Pembelajaran Biologi Berbasis Multiple Intelegensi Berpendekatan Observation Based Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015, FKIP Biologi Universitas Muhammadiyah Malang; 2015
Rofiah, N. H. 2016. Menerapkan Multiple Intelligences Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Program Studi PGSD FKIP UAD Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar volume 8, No 1, Maret 2016: 68 - 79
Sudarisman, Suciati. 2015. Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013 Jurnal Florea Volume 2 No. 1, April 2015 (29-35); 2015
Suciati. 2016. Persepsi Mahasiswa Terhadap Sistem Ujian ‘Buka Buku: Studi pada Program Pascasarjana. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol. 1, Nomor 1. April 2016
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung : Alfabeta.
Wartomo, 2016. Peran Guru Dalam Pembelajaran Era Digital. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII, UPBJJ-UT Yogyakarta 2016
DOI: 10.33751/pedagog.v3i2.1307 Abstract views : 2211 views : 873
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 PEDAGONAL | JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.