PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI SISTEM SIRKULASI
Abstract
Keywords
References
Ferreira, Sousa, Nafalski, Machotka, dan Nedic. (2010). Collaborative learning based on a micro-webserver remote test controller, University of South Australia, Bridgeport.
Fraenkel, R.J, dan Wallen, N.C. (2006). How to Design and Evaluate Research in Education.Mc, Graw Hill, inc, London
Safitri, H. (2011). Persepsi Siswa Terhadap Pemanfaatan Laboratorium Virtual Dalam Pembelajaran Fisika Topik Gerak Lurus (Survey Terhadap Siswa kelas X SMAN 87 Jakarta Selatan), Jurnal Pendidikan, 12 (2), 97-101.
Hermansyah, Gunawan, dan Herayanti, L. (2015). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Getaran Dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102
Imron, M. (2012). Ayo Manfaatkan Laboratorium Virtual. Diakses tanggal 28 Februari 2013, dari http://mazguru.net.tc
Jagodzinski, P dan Wolski, R. (2014). The Examination Of The Impact On Students Use Of Gestures While Working In A Virtual Chemical Laboratory For Their Cognitive Abilities. Problem of Education, 61, 46-57
Sulistia, L, (2014). Pengaruh Peneraapan Laboratorium Virtual Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Konsep Sistem Peredaran Darah. Tidak dipublikasikan Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi UIN Syarif Hidyatullah, Jakarta, Indonesia.
Nurhayati, N. (2016). Pengembangan Laboratorium Virtual Pada Materi Pemuaian Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Tidak dipublikasikan Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia.
Nurrokhmah. I., E., dan Sunarto, W. (2013). Pengaruh penerapan virtual labs berbasis inkuiri terhadap hasil belajar kimia. Chemistry in Education, 2(1), 200-207.
Rizman, Nataša. (2015). Laboratorium virtual in Chemistry Experimental Study of Understanding,Reproduction and Application of Acquired Knowledge of Subjects Chemical Content Organization, Volume 45.Rosdakarya : Bandung.
Rustaman, N., Y., (2005). Pengembangan Konsep. Remaja Rosdakarya : Bandung.
Salam, H., Setiawan, A., dan Hamidah, I. (2010). Pembelajaran Bebasis Vitual Laboratory untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep pada Materi Listrik Dinamis. Proc.ICTE UPI & UPSI, Bandung, Indonesia.
Sumargo, E. dan Yuanita, L. (2014). Penerapan media laboratorium virtual (PhET) pada materi laju reaksi dengan model pengajaran langsung. Journal of Chemical Education, 3(1), 119-133.
DOI: 10.33751/pedagonal.v5i1.2572 Abstract views : 2331 views : 1696
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.