PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI SISTEM SIRKULASI

Evi Sukenti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Laboratorium Virtual untuk meningkatkan penguasaan konsep pada materi  sistem sirkulasi. Laboratorium virtual ini dikembangkan sebagai salah satu alternatif solusi keterbatasan sarana dan prasarana laboratorium IPA untuk kegiatan praktikum  yang mampu meningkatkan penguasaan konsep. Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah sangat mendukung untuk melaksanakan simulasi paktikum dalam bentuk laboratorium virtual. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan atau Research and Development dengan desain 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Langkah pengembangan meliputi: 1) pengidentifikasian berupa analisis kebutuhan dan studi pendahuluan, 2) perancangan berupa pemilihan model, media, penyusunan tes, pemilihan format berupa flowchart dan 3) pengembangan, berupa pembuatan media dengan menggunakan macromedia flash  CS6 dan validasi ahli media, ahli materi dan pengguna media untuk menilai kelayakan media dan uji pengembangan untuk melihat efektivitas penggunaan media dalam pembelajaran serta tanggapan peserta didik terhadap efektivitas pembelajaran dengan menggunakan media laboratorium virtual. Uji kelayakan media laboratorium virtual oleh ahli media sangat baik dengan prosentase 95 Persen. Hasil uji kelayakan media laboratorium virtual oleh ahli materi sangat baik dengan prosentase  82,14 Persen dan hasil uji kelayakan media oleh tenaga pendidik sebagai pengguna media katagori sangat baik dengan prosentase 94 Persen . Pembelajaran menggunakan media laboratorium virtual pada materi sistem sirkulasi efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep,  ditunjukkan dengan rata-rata N-Gain sebesar 31,38 Persen.

Keywords


Laboratorium virtual; sistem sirkulasi; penguasaan konsep

References


Ferreira, Sousa, Nafalski, Machotka, dan Nedic. (2010). Collaborative learning based on a micro-webserver remote test controller, University of South Australia, Bridgeport.

Fraenkel, R.J, dan Wallen, N.C. (2006). How to Design and Evaluate Research in Education.Mc, Graw Hill, inc, London

Safitri, H. (2011). Persepsi Siswa Terhadap Pemanfaatan Laboratorium Virtual Dalam Pembelajaran Fisika Topik Gerak Lurus (Survey Terhadap Siswa kelas X SMAN 87 Jakarta Selatan), Jurnal Pendidikan, 12 (2), 97-101.

Hermansyah, Gunawan, dan Herayanti, L. (2015). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Getaran Dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102

Imron, M. (2012). Ayo Manfaatkan Laboratorium Virtual. Diakses tanggal 28 Februari 2013, dari http://mazguru.net.tc

Jagodzinski, P dan Wolski, R. (2014). The Examination Of The Impact On Students Use Of Gestures While Working In A Virtual Chemical Laboratory For Their Cognitive Abilities. Problem of Education, 61, 46-57

Sulistia, L, (2014). Pengaruh Peneraapan Laboratorium Virtual Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Konsep Sistem Peredaran Darah. Tidak dipublikasikan Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi UIN Syarif Hidyatullah, Jakarta, Indonesia.

Nurhayati, N. (2016). Pengembangan Laboratorium Virtual Pada Materi Pemuaian Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Tidak dipublikasikan Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia.

Nurrokhmah. I., E., dan Sunarto, W. (2013). Pengaruh penerapan virtual labs berbasis inkuiri terhadap hasil belajar kimia. Chemistry in Education, 2(1), 200-207.

Rizman, Nataša. (2015). Laboratorium virtual in Chemistry Experimental Study of Understanding,Reproduction and Application of Acquired Knowledge of Subjects Chemical Content Organization, Volume 45.Rosdakarya : Bandung.

Rustaman, N., Y., (2005). Pengembangan Konsep. Remaja Rosdakarya : Bandung.

Salam, H., Setiawan, A., dan Hamidah, I. (2010). Pembelajaran Bebasis Vitual Laboratory untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep pada Materi Listrik Dinamis. Proc.ICTE UPI & UPSI, Bandung, Indonesia.

Sumargo, E. dan Yuanita, L. (2014). Penerapan media laboratorium virtual (PhET) pada materi laju reaksi dengan model pengajaran langsung. Journal of Chemical Education, 3(1), 119-133.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/pedagonal.v5i1.2572 Abstract views : 1935 views : 1417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.