KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BIOTEKNOLOGI DENGAN PJBL BERBASIS STEAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas belajar biologi peserta didik kelas 11 IPA .4 SMAN I Parung kabupaten Bogor,pada konsep Bioteknologi, dengan model pembelajaran PJBL ( Projek Based Learning ) bebasis STEAM ( Saint Teknologi Engenering Art Matematic ) Jenis penelitian best praktis dengan teknik penelitiannya analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik analisis data yang menggunakan lembar pengamatan dan lembar soal esay test .Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas 11 IPA.4 SMAN I Parung yang berjumlah 36 orang terdiri dari laki laki 13 orang , perempuan 23 orang.waktu penelitian pada bulan Nopember 2019 (semester ganjil tahun pelajran 2019/2020). Hasil yang diperoleh, Kreativitas belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Projek Based learning ( PJBL) berbasis STEAM pada kelas 11 IPA.4 SMAN I Parung .Hasil yang diperoleh dari penelitian ini untuk tiap indicator kreativitas adalah sebagai berikut : fleksibilitas 94,4 %,Orginalitas 97,2 %, Elaborasi 100 %,fluency 91,6 % . indicator tertinggi diperoleh pada elaborate yaitu 100%, dan perolehan terrendah pada indicator fluency sebesar 91,6 dengan rata rata dari ke empat indicator sebesar 95,8% dengan kriteria sangat baik.Dalam penelitian best praktis ini juga didapat hasil belajar yang baik yaitu rata rata nilai kelas 85. Nilai rata rata 85 ini merupakan nilai rata rata di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75 ,BEST PRACTICE
Keywords
References
Ananda,U (2018). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV MIN 6 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Bender,W.,N.,(2012).Project-Based Learning: Differentiating Instruction for the 21st Century. A SAGE Publications Company,California,US
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia, Bogor
Kamdi, Waras. (2004). Kelas Akselerasi dan Diskriminasi anak. Dalam harian Kompas Senin, 09 Agustus 2004.http:www.kompas.co.id/kompascetak/0408/09/Didaktika/1193374.htm 20.30. 1-jan-2005.
Makmur, Agus. 2015. Efektifitas Penggunaan Metode Base Method Dalam Meningkatkan Kreatvitas Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP N 10 Padangsidimpuan. Jurnal EduTech 1(1):1-15 . ISSN 2442-6024.
Munandar, Utami. (2009). Pengembangan kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.
Nugroho,G.A., Prayitno,B.A., dan Ariyanto, J. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Penerapan Project Based Learning Pada Materi Pencemaran dan Daur Ulang Limbah.6(2)
OECD. Glossary of Statistical Term of Bull and Bear Bond.Diakses:https://stats.oecd.org/glossary/detail.asp?ID=4650, 1 januari 2021
Rahayu, S., (2019). Kumpulan BestPractice. Abda publisher, Bojonegoro.
Riyanto, Agus.(2020). Penerapan Model Pembelajaran STEAM Dalam Pendidikan Abad 21. [Online] https://www.amongguru.com/penerapan-model-pembelajaran-steam-dalam-pendidikan-abad-21/. Diakses tanggal 20 april 2020.
Rohana, R S dan Wahyudin. (2016). PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIFSISWA SD PADA MATERI MAKANAN DAN KESEHATAN. Jurnal Penelitian Pendidikan.16(3)
Rosadi, D .(2014). Analisis runtun waktu dan aplikasinya dengan R. TXB. GADJAH MADA UNIVERSITY PRESS, Yogyakarta
Siva,V.(1994).Bioteknologi dan Lingkungan.Gramedia Pustaka utama, Jakarta
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya.Rineka Cipta, Jakarta
Sudijono,A.(2009) Pengantar Statistuk Pendidikan,Raja Grafindo, Jakarta.
Uno, H., b., dan Muhammad,N., (2012).Belajar dengan Pendekatan. PAILKEM . PT Bumi Aksara, Jakarta.
Wang, Zang dan Grinsted. (2008). How Gifted Chinese Students Study Mathemtics. Portal Informasi Pendidikan, Jakarta: Depdiknas. http://www.depdiknas.go.id/jurnal/26/sistempercepatanherry.htm. 18.50. 1Februari2008.
Yam,L.SH., dan Rosini,P. (2010).Effectiveness of Project-Based Learning as a Strategy for Property Education.16(3), 291-313
DOI: 10.33751/pedagonal.v5i1.2574 Abstract views : 4503 views : 3723
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.