KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BIOTEKNOLOGI DENGAN PJBL BERBASIS STEAM

Heryani Fatma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas  belajar biologi  peserta didik kelas 11 IPA .4 SMAN I Parung kabupaten Bogor,pada konsep Bioteknologi, dengan model pembelajaran PJBL ( Projek Based Learning ) bebasis STEAM ( Saint Teknologi Engenering Art Matematic )  Jenis penelitian  best praktis  dengan teknik penelitiannya  analisis  deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik analisis data yang menggunakan lembar pengamatan dan lembar soal esay test .Subjek pada penelitian ini adalah  peserta didik  kelas 11 IPA.4  SMAN I Parung yang berjumlah 36 orang terdiri dari laki laki  13 orang , perempuan 23 orang.waktu penelitian  pada   bulan Nopember  2019 (semester ganjil  tahun pelajran 2019/2020). Hasil yang diperoleh,  Kreativitas  belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Projek Based learning ( PJBL) berbasis STEAM  pada kelas  11 IPA.4  SMAN I Parung .Hasil yang diperoleh dari penelitian ini    untuk tiap  indicator  kreativitas adalah sebagai berikut : fleksibilitas 94,4 %,Orginalitas 97,2 %, Elaborasi 100 %,fluency 91,6 %  . indicator tertinggi diperoleh pada elaborate yaitu 100%, dan perolehan terrendah pada indicator fluency sebesar 91,6  dengan rata rata dari ke empat  indicator sebesar 95,8% dengan kriteria sangat baik.Dalam penelitian best praktis ini juga didapat hasil belajar yang baik yaitu rata rata nilai kelas 85. Nilai rata rata 85 ini merupakan nilai rata rata di atas kriteria ketuntasan  minimal (KKM) yaitu 75 ,BEST PRACTICE

 


Keywords


Kreativitas; Bioteknologi; PJBL; STEAM

References


Ananda,U (2018). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV MIN 6 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Bender,W.,N.,(2012).Project-Based Learning: Differentiating Instruction for the 21st Century. A SAGE Publications Company,California,US

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia, Bogor

Kamdi, Waras. (2004). Kelas Akselerasi dan Diskriminasi anak. Dalam harian Kompas Senin, 09 Agustus 2004.http:www.kompas.co.id/kompascetak/0408/09/Didaktika/1193374.htm 20.30. 1-jan-2005.

Makmur, Agus. 2015. Efektifitas Penggunaan Metode Base Method Dalam Meningkatkan Kreatvitas Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP N 10 Padangsidimpuan. Jurnal EduTech 1(1):1-15 . ISSN 2442-6024.

Munandar, Utami. (2009). Pengembangan kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Nugroho,G.A., Prayitno,B.A., dan Ariyanto, J. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Penerapan Project Based Learning Pada Materi Pencemaran dan Daur Ulang Limbah.6(2)

OECD. Glossary of Statistical Term of Bull and Bear Bond.Diakses:https://stats.oecd.org/glossary/detail.asp?ID=4650, 1 januari 2021

Rahayu, S., (2019). Kumpulan BestPractice. Abda publisher, Bojonegoro.

Riyanto, Agus.(2020). Penerapan Model Pembelajaran STEAM Dalam Pendidikan Abad 21. [Online] https://www.amongguru.com/penerapan-model-pembelajaran-steam-dalam-pendidikan-abad-21/. Diakses tanggal 20 april 2020.

Rohana, R S dan Wahyudin. (2016). PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIFSISWA SD PADA MATERI MAKANAN DAN KESEHATAN. Jurnal Penelitian Pendidikan.16(3)

Rosadi, D .(2014). Analisis runtun waktu dan aplikasinya dengan R. TXB. GADJAH MADA UNIVERSITY PRESS, Yogyakarta

Siva,V.(1994).Bioteknologi dan Lingkungan.Gramedia Pustaka utama, Jakarta

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya.Rineka Cipta, Jakarta

Sudijono,A.(2009) Pengantar Statistuk Pendidikan,Raja Grafindo, Jakarta.

Uno, H., b., dan Muhammad,N., (2012).Belajar dengan Pendekatan. PAILKEM . PT Bumi Aksara, Jakarta.

Wang, Zang dan Grinsted. (2008). How Gifted Chinese Students Study Mathemtics. Portal Informasi Pendidikan, Jakarta: Depdiknas. http://www.depdiknas.go.id/jurnal/26/sistempercepatanherry.htm. 18.50. 1Februari2008.

Yam,L.SH., dan Rosini,P. (2010).Effectiveness of Project-Based Learning as a Strategy for Property Education.16(3), 291-313


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/pedagonal.v5i1.2574 Abstract views : 3265 views : 2714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.