HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA GURU SMP NEGERI SE-KECAMATAN CIANJUR
Abstract
Penelitian ini digolongkan dalam penelitian korelasional yang terdiri atas dua variabel bebas yaitu kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya organisasi serta satu variabel terikat yaitu kepuasan kerja guru. Penelitian dilaksanakan pada guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil di SMP Negeri se-Kecamatan Cianjur dengan jumlah sampel sebanyak 132 orang yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Metode yang digunakan yaitu survei dengan pendekatan korelasional. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji statistik korelasi dan regresi linier sederhana serta korelasi dan regresi linier ganda. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 0,05.Hasil penelitian menghasilkan tiga kesimpulan yaitu: Pertama, terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru yang ditunjukan dengan koefisien korelasi koefisien korelasi ry1 = 0,552 dan persamaan regresi Ŷ= 76,833+0,228X1. Kedua, Terdapat hubungan positif yang signifikan antara budaya organisasi dengan kepuasan kerja guru yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi ry2 = 0,627 dan persamaan regresi Ŷ= 48,031+0,368X2.Ketiga, Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya organisasi secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi ry12= 0,669 dan persamaan regresi Ŷ= 48,578+0,118X1+0,272X2.Berdasarkan kesimpulan di atas, implikasi hasil penelitian adalah kepuasan kerja guru dapat ditingkatkan melalui kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya organisasi.
References
Aan Komariah dan Cepti Triatna. (2006). Visionary Leadership: Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Anwar Prabu Mangkunegara. (2008). Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung: Refika Aditama.
--------------------------------------. Manajemen Sumber Daya Manusia.(2009). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Bass, Bernard M. dan Riggio, Ronald E. Transformational Leadership.( 2006). New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, publishers.
Bush, Tony dan Marianne Coleman. (2008). Manajemen Strategis Kepemimpinan Pendidikan, terjemahan Fahrurrozi. Jogjakarta:Ircisod.
Colquit, Lepine, Wesson. (2009). Organizational Behavior.. New York : The McGraw-Hill, Companies, Inc.
Dadang Suhardan. Manajemen Pendidikan.( 2012). Bandung: Alfabeta.
Edy Sutrisno. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media Group.
Imam Wahyudi. (2012). Pengembangan Pendidikan: Strategi Inovatif dan Kreatif dalam Mengelola Pendidikan Secara Komprehensif . Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Ismail Nawawi Uha. (2013). Budaya Organisasi, Kepemimpinan dan Kinerja. Jakarta: Prenada Media Group.
Kreitner, Robert, dan Kinicki, Angelo. (2014). Perilaku Organisasi, terjemahan Biro Bahasa Alkemis. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Luthans, Fred. (2011). Organizational Behavior. New York: McGraw-Hill Companies.
Moh.Pabundu Tika. (2012). Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan . Jakarta: Bumi Aksara.
Ngalim Purwanto. (2009). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ose Warlina. (2014). Hubungan antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Komunikasi Interpersonal dengan Kepuasan Kerja Guru SMA Negeri di Wilayah Cibadak Kabupaten Sukabumi.. Bogor: Pascasarjana Unpak, .
Robbins, Stephen P. dan Judge, Timothy A. (2007). Perilaku Organisasi Edisi 12 Buku 2, terjemahan Diana Angelica, Ria Cahyani, dan Abdul Rosdyid. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
------------------------- dan Mary Coulte. (2014). Management: Global Edition. New Jersey: Pearson Education Limited,.
Sashkin, Marshall dan Sashkin Molly G. (2011). Prinsip-Prinsip Kepemimpinan. Penerjemah Rudolf Hutauruk. Jakarta: Erlangga.
Schermerhorn, Hunt, Osborn, Uhl-Bien. (2010). Organizational Behavior . New Jersey: John Wiley & Sons. Inc.
Schermerhorn. Jr. John R..( 2013). Introduction to Management. New Jersey: John Wiley & Sons. Inc.
Sondang P. Siagian. (2004). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
-------------------------. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudarwan Danim dan Suparno. (2009). Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Syaiful Sagala, (2006). Administrasi Pendidikan Kontemporer . Bandung: Alfabeta..
Tajam Murdani. (2013). Kepuasan Kerja Guru: Studi Korelasional antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi dengan Kepuasan Kerja Guru. Bogor: Pascasarjana Unpak.
Veithzal Rivai dan Deddy Mulyadi. (2013). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wibowo. (2013). Budaya Organisasi: Sebuah Kebutuhan untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang. Jakarta: Rajawali Pers.
Yulk, Gary. (2010). Leadership in Organizations . New Jersey: Perason Education, Inc.
DOI: 10.33751/pedagog.v1i1.261 Abstract views : 860 views : 319
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 PEDAGONAL | JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.