PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Nita Karmila, Siti Raudhoh

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 215 siswa kelas V Sekolah Dasar Kelompok 2 Kecamatan Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi Tahun 2020/2021 dengan jumlah sampel sebanyak 68 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh self-efficacy terhadap kemandirian belajar siswa dengan nilai koefisien path sebesar 0,63 dan persamaan regresi Ŷ = 10,12+ (0,93X). Hal tersebut berarti bahwa setiap peningkatan satu satuan efikasi diri (X) akan meningkatkan kemandirian belajar siswa (Y) sebesar 0,93 satuan. Kontribusi variabel efikasi diri dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa (r²) sebesar 0,40 dengan koefisien determinasi sebesar 40% dan sisanya 60% dapat dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa. Hal ini berarti salah satu faktor dalam peningkatan kemandirian kemampuan belajar siswa adalah dengan meningkatkan efikasi diri.

 


Keywords


Kemandirian belajar siswa; Self-Eficacy

References


Al fatihah, Miftaqul. (2016). Hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar pai siswa kelas III SDN Panularan Surakarta, Attanbaul 1(2)

Asrori, Muhammad. (2013). Psikologi pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Baron, Robert A dan Donn Bryne (2017). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Dewi, Rosmala (2012) kinerja kepala sekolah: Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Konflik Dan Efikasi Diri. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18 (2)

Gufron, M. Nur dan Rini Risnawati, (2017) Teori-Teori Psikologi AR-RUZZ MEDIA

Kreitner, Robert dan Anggelo Kinicki. (2010). Organizational Behavior, Ninth Edition. New York: McGraw-Hill.

Kursein, Devi, (2014), Hubungan Efikasi diridengan Prilaku Mencontek. Jurnal Psikopedaggogia Vol 3 No 12

Lestari, Indah. (2015). Pengembangan Layanan Informasi Teknik Symbolic Model Dalam Membantu Mengembangkan Kemandirian Belajaranak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Konseling Gusjigang.1(1)

Manurung, santa dkk. (2018) Peningkatan Efektivitas Kerja melalui Perbaikan Pelatihan, Penjaminan Mutu, Kompetensi Akademik dan Efikasi diridalam Organisasi Pendidikan Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3(1)

Mulyaningsih dan Yuliana, (2017). Pengaruh Kedisiplinan Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Jurnal Kajian Matematika. 3(1)

Nurhayati, Eti. (2011) Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tasaik, Hendrik Lempe dan Patma Tuasikal. (2018), Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD Inpres. Samberpasi Metodik Didaktik 14|(1)

Yun Soung Suk, Sumardi, Karantiano Sadasa Putra (2018) Hubungan Antara Kepemimpinan Visioner Dan Efikasi diriDengan Produktivitas Kerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan..6(2)


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagonal.v5i1.2692 Abstract views : 3206 views : 1962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.