PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANTI KORUPSI PADA ANAK USIA DINI BERBASIS GADGET

Gaharani Saraswati, Mirwan Aji Soleh

Abstract


Kasus korupsi dewasa ini telah berkembang dan mengakar di berbagai sendi kehidupan bangsa Indonesia. Indonesia bahkan menjadi salah satu negara yang terkorup di dunia. Transparency International (TI) menyebutkan bahwa Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Melihat kondisi tersebut, diperlukan berbagai upaya pemberantasan korupsi. Salah satunya melalui upaya preventif berupa pendidikan anti korupsi sejak dini. Usia dini (0-8 tahun) merupakan usia emas (golden age). Dengan pendidikan anti korupsi yang diberikan sejak dini diharapkan akan terciptanya generasi muda yang sadar akan bahaya korupsi. Hal yang tidak kalah penting untuk mendukung pendidikan anti korupsi adalah adanya media pembelajaran yang digunakan. Pengembangan media pembelajaran sebaiknya memanfaatkan teknologi yang ada. Di era sekarang teknologi sulit dipisahkan dari kehidupan manusia, begitu pula anak-anak. Banyak anak yang lekat dengan gadget. Untuk mendukung hal tersebut, maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi orang tua terhadap pentingnya pendidikan anti korupsi pada anak usia dini berbasis gadget. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan menggunakan instrumen kuesioner (angket) semi terbuka sebanyak lima pertanyaan. Sampel dalam penelitian ini yaitu 100 orang tua yang memiliki anak usia 4 8 tahun di Kabupaten Sumedang. Dari hasil survey diketahui bahwa 62% responden menyatakan pernah melihat bentuk tindakan korupsi sederhana yang dilakukan oleh anak. Semua responden (100%) menyatakan bahwa pencegahan tindakan korupsi sejak dini penting untuk dilakukan. Sebanyak 97% responden menyatakan pernah melakukan upaya pencegahan tindakan korupsi sejak dini. Semua responden (100%) setuju bahwa membaca cerita penting bagi anak. Dan 68% responden setuju bahwa gadget bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran.


Keywords


Persepsi orang tua; pendidikan anti korupsi; anak usia dini; gadget

References


Ardtiyani, M.F. & Kholifah, A,R. (2014). Penyuluhan Anti Korupsi Sejak Dini pada Anak-Anak Dusun Babadan, Selomirah, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, Vol.3, No. 2, hlm. 81-85.

Aziz, S. (2015). Pendidikan Keluarga: Konsep dan Strategi. Yogyakarta: Gava Media.

Izzah, L. (2019). Menumbuhkan Nilai-Nilai Anti Korupsi pada Anak untuk Membentuk Karakter Melalui Semai Games†di MDTA Rabithatul Ulum Pekanbaru Psichopolytan (Jurnal Psikologi), Vol. 2, No.2, hlm.84-95.

Kemenkeu. (2019). Memantapkan Pemahaman 9 Nilai Antikorupsi untuk Memperkokoh Jati Diri Insan Perbendaharaan. [online] https://www.djpb.kemenkeu.go.id/kppn/surabaya1/id/data-publikasi/artikel/2886-memantapkan-pemahaman-9-nilai-antikorupsi-untuk-memperkokoh-jati-diri-insan-perbendaharaan.html, diunduh 11 Juli 2020.

Mulyasa. (2017). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nisa, L. (2020). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan Anak Usia Dini Thufula, Vol. 8, No. 1, hlm. 1-14.

Rahayu, Y. (2019). Implementasi Pendidikan Anti Korupsi untuk Anak Usia Dini Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 19, No. 2, hlm. 98-104.

Rosiyanti, H. & Muthmainnah, R.N. 2018. Penggunaan Gadget Sebagai Sumber Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Kuliah Matematika Dasar FIBBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, Vol. 4, No. 1, hlm. 25-36.

Saifuddin, B. (2017). Dampak dan Upaya Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi di Indonesia Jurnal Warta, Edisi 52, hlm. 1-15.

Sit, M. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Depok: Kencana.

Rahim, H. dan Rahiem, M.D.H. (2012). The Use of Stories as Moral Education for Young Children International Journal of Social Science and Humanity, Vol. 2, No. 6, pp. 454-458.

Wahyudin, U. dan Agustin, M. (2011). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini: Panduan untuk Guru, Tutor, Fasilitator dan Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditama.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/pedagonal.v5i1.2693 Abstract views : 1997 views : 689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.