PENGARUH PEMAHAMAN NILAI PANCASILA TERHADAP KESADARAN ANTI BULLIYING DI KALANGAN MAHASISWA PGSD

Mira Mirawati, Santa Santa

Abstract


 Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemahaman nilai Pancasila terhadap kesadaran anti bullying di kalangan mahasiswa PGSD dengan pengambilan data kuesioner yang melibatkan 63  responden sebagai sampel penelitian. Data yang digunakan berupa data primer yang diperolah melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan  adalah analisis regresi sederhana, koefisien korelasi dan koefisien determinasi. Hasil  penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif antara pemahaman nilai Pancasila terhadap kesadaran anti bullying di kalangan mahasiswa PGSD. Pengaruh tersebut dapat dilihat dari persamaan regresi Ŷ = 71,33 0,05 X. Besarnya kontribusi pemahamana nilai Pancasila terhadap kesadaran anti bullying di kalangan mahasiswa PGSD ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi r2 sebesar 0,005. Hal ini berarti peningkatan atau penurunan kesadaran anti bullying di kalangan mahasiswa PGSD dipengaruhi oleh pemahaman nilai Pancasila sebesar 0,05% sedangkan sisanya ditentukan oleh variable lain. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran anti bullying di kalangan mahasiswa dapat ditingkatkan melalui pemahaman nilai Pancasila.

 


Keywords


understanding the value of Pancasila; anti-bullying awareness; PGSD students

References


Andriyani, Lusi (2013). Peningkatan Kesadaran Anti Bullying Melalui Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Yogyakarta: Skripsi.

Linasari, (2016). Keefektifan Videotherapy dalam Menumbuhkan Kesadaran Anti Bullying pada Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Ed. 36 Tahun ke-5.

Melinda, Deasyari Permatan (2018). Hubungan Pemahaman

Moral dengan Kecenderungan Perilaku Agresif pada Siswa-Siswi Kelas IX di SMP Negeri 50 Palembang. Jurnal Intelektualita: keislaman, Sosial dan Sains. Volume (7) Nomor (1)

Musdalipah et.all (2015). Pengaruh Pemahaman Nilai Pancasila Terhadap Kemampuan Sosial Siswa. Jurnal System. Volume (3) Nomor (6).

Octavian, Anugerah Wendy. (2019). Upaya Peningkatan Pemahaman Nilai Pancasila terhadap siswa melalui kegiatan penyuluhan. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, Volume (6), Nomor (2), November 2019.

Pritano, Duwi (2016) Belajar Alat Analisis Data dan Cara Pengolahannya dengan SPSS. Yoyakarta: Gava Media.

Riduwan.( 2009). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung:Alfabeta.

Riduwan. (2015) Metode & Teknik Menyusun Proposal

Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2002). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Triwahyuningsih (2015). Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Strategi Internalisasi Nilai Sosial. Makalah pada Prodising Revolusi Pendidikan Karakter Bangsa. Universitas Negeri Malang.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/pedagonal.v5i1.3155 Abstract views : 763 views : 559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.