SIKAP SISWA TERHADAP FISIKA DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMAN 6 KOTA JAMBI

Mulya Rama Dini, Maison Maison, Darmaji Darmaji

Abstract


Sikap merupakan pandangan atau perasaan yang disertai kecenderungan untuk bertindak terhadap obyek tertentu. hasil belajar adalah pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan keterampilan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sikap siswa terhadap mata pelajaran fisika di SMAN 6 Kota Jambi, untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika di SMAN 6 Kota Jambi, untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara sikap dan hasil belajar fisika di SMAN 6 Kota Jambi. Sampel penelitian yaitu 333 dari 333 siswa. Instrumen yang di gunakan yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif asosiatif. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini seluruh kelas XI dan XII IPA di SMA Negeri 6 Kota Jambi. Instrumen yang digunakan berupa hasil belajar dan angket sikap terhadap matapelajaran fisika, Kemudian dokumentasi sebagai data penunjang ketika siswa mengisi angket. Secara statistik inferensial tidak terdapat hubungan sikap dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran fisika dengan nilai korelasi dikelas XI dan XII sebesar 0,018 dan 0,044 dengan nilai signifikansi 0,833 dan 0,549. Nilai korelasi tersebut tergolong tidak memiliki tingkat keeratan hubungan yang kuat . Dari hasil penelitian ini guru dapat meningkatkan sikap dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik lagi.


References


Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Darmawangsa, R., Astalini., Kurniawan, D. A. (2018). Pengembangan Instrumen sikap siswa sekolah menengah atas terhadap mata pelajaran fisika. JPF: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 107-114.

Damayati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT RinekaCipta

Djalii. (2008). Skala likert. Jakarta: Pustaka Utama

Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara

Gagne, R. M. (1985). The Condition of Learning and Theory of Instructin fourth edition. Japan : College Publishing.

Narmadha, U. (2013). Attitude toward Learning of Science and Academic Achievement in Science among Student at the Secondary Level. Journal of Sociological Research. 4(2):114-124

Sujarweni,Wiratna. 2014. MetodologiPenelitian. Yogyakarta: PerpustakaanBaru Press.

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinnya. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinnya. Jakarta: RinekaCipta.

Walginto, Bimo. (1978). PsikologiSosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta:Andi.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/pedagonal.v5i1.3251 Abstract views : 619 views : 259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.