Analisis Penerapan Pendekatan Scientific Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA

Isma Choiruhi, Singgih Bektiarso, Sudarti Sudarti

Abstract


Pada beberapa sekolah menerapkan pendekatan scientific dalam proses pembelajaran, namun masih belum diketahui apakah penerapan pendekatan tersebut sudah maksimal atau tidak serta berpengaruh terhadap minat belajar fisika dan kemampuan berpikir kritis, mengingat minat belajar fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh penerapan pendekatan scientific terhadap minat belajar fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 1 Tanggul. Penelitian ini termasuk penelitian explanatory dengan multivariat. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dan analisis SEM. Hasil penelitian ini yaitu Ada pengaruh yang signifikan pada penerapan pendekatan scientific terhadap minat belajar fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 1 Tanggul.

Keywords


Pendekatan scientific; minat belajar fisika; kemampuan berpikir kritis

References


Agustin, N. (2019). Pengaruh pendekatan saintifik terhadap keterampilan berpikir kritis siswa subtema keberagaman makhluk hidup di lingkunganku kelas IV sekolah dasar. Child Education Journal, 1(1), 3643.

Ahmatika, D. (2016). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan pendekatan inquiry/discovery. Jurnal Euclid, 3(1), 394403.

Arlianty, W. N. (2017). An analysis of interest in students learning of physical chemistry experiment using scientific approach. Internasional Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 1(2), 109116.

Handriani, L. S., Harjono, A., & Doyan, A. (2015). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terstruktur dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 210220.

Hardianti, T. S., Pohan, A., & Hasanah, U. (2019). Efek pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis siwa SMP taman pendidikan islam medan. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan, 1(2), 103107.

Mulyasa, E. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurlatifah, Bahtiar, & Kafrawi, M. (2019). Pengaruh penerapan pendekatan saintifik berbasis eksperimen terhadap kemampuan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 184188.

Prastuti, D. (2011). Penggunaan Structural Equation Modeling (SEM) Sebagai Salah Satu Teknik Analisis Statistik dengan Menggunakan Program Tertad IV (Studi Kasus Pengguna Internet dan Hotspot Area di Universitas Negeri Semarang) Tahun 2011. Semarang: Program Studi Statistika Terapan dan Komputasi Universitas Negeri Semarang.

Purnamasari, I. C., Swistoro, E., & Putri, D. H. (2017). Pengaruh model discovery learning melalui pendekatan saintifik terhadap hasil belajar dan minat belajar fisika siswa pada konsep fluida statis di SMAN 8 bejang lebong. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 128134.

Putra, P. D. A., & Sudarti. (2015). Pengembangan sistem e-learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pendidikan fisika. Jurnal Fisika Indonesia, 19(55), 4548.

Rahmawati, N. S., Bungsu, T. K., Islamiah, I. D., & Setiawan, W. (2019). Analisis minat belajar siswa MA Al-mubarok melalui pendekatan saintifik berbantuan aplikasi geogebra pada materi statistika dasar. Jurnal On Education, 1(3), 386395.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sari, P. O. W., Wardani, N. S., & Prasetyo, T. (2019). Pengaruh pembelajaran saintifik example non example terhadap minat belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 319325.

Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sujanem, R., Suwindra, I. N. P., & Tika, I. K. (2012). Pengembangan modul fisika kontekstual interaktif berbasis web untuk siswa kelas 1 SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 42(2), 97104.

Supeno, Astutik, S., Bektiarso, S., Lesmono, A. D., & Nuraini, L. (2019). What can students show about higher order thinking skills in physics learning. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243, 110.

Suryaningsum, S., & Hartati, A. S. (2018). Wedang Uwuh. Klaten: Nugra Media.

Susilowati, D. (2019). Meningkatkan minat dan hasil belajar matematika tentang operasi hitung penjumlahan pecahan berbeda penyebut melalui pendekatan realistic mathematic education (RME) siswa kelas V semester 1 SDN Banyuanyar 1 no 109 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Konvergensi, 6(27), 715.

Syarifuddin, S. (2018). The effect of using the scientific approach through concept understanding and critical thinking in science. Jurnal Prima Edukasia, 6(1), 2131.

Triyani, L., Herayanti, & Gummah, S. (2019). Effect of scientific approach toward students critical thinking skills. Jurnal Kependidikan Fisika, 7(1), 1518.

Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistic dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 110.

Yusuf, N. R., Bektiarso, S., & Sudarti. (2020). Pengaruh model PBL dengan media google classroom terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika (ORBITA), 6(2), 230235.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/pedagonal.v5i1.3271 Abstract views : 696 views : 446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.