PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Tustiyana Windiyani

Abstract


ABSTRACT

The research is an action research aiming at improving the learning output of social science using cooperative learning model of Numbered Head Together. The subjects of the research are the fifth grade students of Sekolah Dasar Negeri Batu Kembar in the even semester, the year of 2015/ 2016 with the number of students of 21 consisting of 12 boys and 9 girls. The research used cycling procedure containing four steps of planning, doing, observing, and reflecting. The action research is done in two cycles. Each cycle is conducted in one meeting. After the implementation of Numbered Head Together, the learning output of students’ social science improves from the first to the second cycle. The result shows that the average score in the first cycle is 65, and the learning completion is 50.00%, while in the second cycle, the average score is 74 and the learning completion is 85.00%. The learning process score in the first cycle is 75.75%, and it improves in the second cycle to be 90.00%. The result of students’ behavior observation shows improvement of students’ discipline, cooperation, bravery which in the first cycle is 80.50% and it improves in the second cycle to be 85.50%. Therefore it can be inferred that the implementation of the cooperative learning model of Numbered Head Together is able to improve the learning output of the fifth grade students’ social science in an elementary school.

Keywords: Learning Output, Social Science, Numbered Head Together.

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together. Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Batu Kembar kelas V semester genap tahun pelajaran 2015/ 2016 dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 9 siswi perempuan. Prosedur penelitian dilaksanakan bersiklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan satu kali pertemuan, setelah diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa meningkat dari siklus pertama ke siklus kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I memperoleh nilai 65, dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 50,00%, sedangkan siklus II memperoleh nilai rata-rata 74  dengan ketuntasan belajar 85,00%. Begitu pula dengan penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 75,75%,  meningkat pada siklus II sebesar 90,00%. Sedangkan hasil observasi perilaku siswa menunjukkan adanya peningkatan pada sikap berupa disiplin, kerja sama dan keberanian yang diperoleh pada siklus I dengan persentase sebesar 80,50% dan meningkat pada siklus II sebesar 85,50%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together dapat Meningkatkan Hasil Belajar  Pada  Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Numbered Head Together.


References


DAFTAR PUSTAKA

Fajar, Arnie. 2009. Portofolio Dalam Pelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jihad dan Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sapriya. et.al. 2006. Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS. Bandung : UPI Press.

Sani dan Kurniasih. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran: Kata Pena.

Senjaya. et.al. 2012. Metodologi Pembelajaran kajian Teoritis Praktis. Banten: LP3G (Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru).

Slavin, E. Robert. 2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Supardan, Dadang. 2015. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudirjo dan Sutardi. 2007. Pembaharuan Dalam PBM Di SD. Bandung: UPI Press.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrukstivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Waluyo. et.al. 1987. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar. Jakarta: Karunika Jakarta Universitas Terbuka.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/pedagog.v1i2.388 Abstract views : 485 views : 280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PEDAGONAL | JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.