ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KINERJA DOSEN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS PAKUAN

Elly Sukmanasa, Lina Novita, Fitri Siti

Abstract


ABSTRACT

 

The research uses qualitative method with descriptive design. It describes a detail description about individuals or certain groups related to certain phenomena. It is conducted to get the description about students’ satisfactory towards the lecturers’ working performance. The data used in the research is narration, explanation, and questionnaire filling from the informants both oral and written.  The source of the data is the lecturers of elementary school education study program and the informants are the students of the same study program in Pakuan University who are registered as active students in the academic year of 2013/2014 with the number of 1767. The result shows that the students’ satisfactory towards the working performance of elementary school education study program is varied from less satisfied, satisfied, and quite satisfied.  Mostly, students feel satisfied seen from the aspects of tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. Students are quite satisfied in the aspects of tangible, reliability, and assurance. Students are less satisfied only in the aspect of assurance.

 

Keywords: Students’ Satisfactory, Lecturers’ working performance

 

ABSTRAK

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif, yaitu penelitian yang memberi gambaran secara cermat mengenai individu atau kelompok tertentu tentang keadaan dan gejala yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran apa adanya tentang bagaimana kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk narasi, uraian, penjelasan, dan pengisian angket dari informan baik lisan maupun tulisan. Sumber data penelitian ini adalah Dosen Tetap Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan yang terdaftar sebagai mahasiswa aktif untuk tahun ajaran 2013/2014 yaitu sebanyak 1767 orang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen PGSD berada pada rentang puas, cukup puas, dan kurang puas. Secara umum mahasiswa merasa puas dengan kinerja dosen PGSD. Mahasiswa merasa puas pada aspek tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Mahasiswa merasa cukup puas pada aspek tangible, reliability, dan, assurance. Mahasiswa merasa kurang puas hanya pada aspek assurance.

 

Kata Kunci: Kepuasan Mahasiswa, Kinerja Dosen


References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktek. (Edisi Revisi V). Jakarta. Rineka Cipta.

Kotler, Philip. 2002. Marketing Management, Prentice Hall.Inc

Margono, Gaguk. 2005. Validitas Konstruk Instrumen Pengukur Tingkat Kepuasan Mahasiswa sebagai Pelanggan Internal. Jurnal PTM. Vol.5.No.1918

Rangkuty, Freddy, 2003, Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama

Ruslan. 2010. Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen. Jurnal Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Volume 17, No 3. ISSN 0215-9643 dan E-ISSN: 2442-8655. URL: http://journal.um.ac.id/index.php/jip/ article/view/2723. Diakses tanggal 11-10-2017.

Sagala, Saeful. 2003, Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Satori, Djam’an dan Komariah, Aan.. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta.

Sekaran, Uma. 1992. Research Methods For Business: A Skill Building Approach, Secon Edition, John Willey & Sons, Inc. New York.

Soelasih, Yashinta. 2004. Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen dan Sarana dan Prasarana dalam Jurnal Ekonomi Bisnis : Atmajaya

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif Kualtitatif dan R&D, Penerbit Alfabeta : Bandung

---------. 2003. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulastri, Yuti. 2017. Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. Optimal. Fakultas Ekonomi Universitas Islam “45” Bekasi. Volume 10 No 2. ISSN 1978-2586. URL: http://ejournal-unisma.net/ojs/index.php/optimal/article/view/1410. Diakses tanggal 11-10-2017.

Tjiptono, Fandy. 2000. Perspektif Manajemen & Pemasaran kontemporer. Yogyakarta : ANDI


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/pedagog.v1i2.390 Abstract views : 3907 views : 2749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PEDAGONAL | JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.