Siri' na Pacce Character Value and Learning Outcomes of Pancasila and Civic Education through Contextual Learning
Abstract
Keywords
References
Abdullah, H. (1985). Manusia Bugis Makassar: suatu tinjauan historis terhadap pola tingkah laku dan pandangan hidup manusia Bugis Makassar. (A. Hamid, Ed.) (Cet. 1.). Jakarta (Indonesia): Inti Idayu Press.
Afandi Muhamad, dkk, 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Unissula Press: Semarang.
Amin, M. (2017). Transformasi Nilai Kearifan Lokal dalam Memperkokoh Karakter Bangsa: Studi Kasus Tentang Budaya Sirina Pacce di Universitas Negeri Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Azis, A., Saleh, S. F., & Suriani, A. I. (2020, April). Inculcating Siri na Pacce Value in Primary School Learning. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 7, No. 1, pp. 82-92). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi. edu/index. php/mimbar/index.
Azis, A., Komalasari, K., Sapriya, S., & Rahmat, R. (2021, April). Integrating Siri na Pacce on Pancasila and Civic Education Subject in Elementary Schools. In International Conference on Elementary Education (Vol. 3, No. 1, pp. 261-267).
Bimo Walgito. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Penerbit Andi
B. Johnson, Elaine. 2007. Contextual Teaching and Learning; Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: MLC
Darwis, Rizal & Dilo, Asna Usman. (2012). Implikasi Falsafah Siri na Pacce pada Masyarakat Suku Makassar di Kabupaten Gowa. el Harakah 14 (2). P. 189
Depdiknas, (2010). Model Pembelajaran IPS. Malang: Pusat Kurikulum Baltibang Depdiknas.
Heni, Zuhriyah, Pendidikan Karakter (Studi Perbandingan Antara Konsep Doni Koesoema dan Ibu Miskawaih (Tesis, Pascasarjana IAIN Sunan Ampel, 2007), 46.
Kilawati, A. (2019). Pendidikan Karakter dalam Budaya Siri na Pesse Mahasiswa PGSD Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).
Mattulada. 1991. Manusia dan Kebudayaan Bugis-Makassar dan Kaili di Sulawesiâ€. Dalam Antropologi Indonesia: Majalah Antropologi Sosial dan Budaya Indonesia, No 48, Thn XV, Januari-April 1991. Jurusan Antropologi FISIP Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.
Muhajir, M. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Siri na Pacce melalui Strategi Inkuiri pada Pembelajaran PPKn SMA. Integralistik, 32(1), 29-33.
Nurul Zuriah. (2011). Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Prerspektif Perubahan. Jakarta: PT Bumi aksara.
Safitri, A., & Suharno, S. (2020). Budaya Siri na Pacce dan Sipakatau dalam Interaksi Sosial Masyarakat Sulawesi Selatan. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 22(1), 102-111.
Syaiful Syagala. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Subaedah, S., Banna, A., Abdullah, N., & Multazam, A. M. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Konstruktivis Berbasis Ugi (SiriNa Pesse) untuk Meningkatkan Karakter Murid. Education and Learning Journal, 2(1), 57-66.
Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Yamin., HM (2008). Paradigma pendidikan Konstruktivistik. Jakarta: GP Press.
DOI: 10.55215/pedagonal.v6i1.4815 Abstract views : 222 views : 172
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Muhajir Muhajir, Vivi Kasvita, Rosleny Babo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.