STUDENTS’ DIFFICULTIES IN USING STATISTICS FORMULA TO ANALYZE RESEARCH

Rena Tri Ekawati Oksela, Iyan Irdiyansyah, Atti Herawati

Abstract


ABSTRAK

 

Skripsi yang berjudul “Students’ Difficulties in Using Statistical Formula to Analyze Research Data” ditulis untuk menganalisis kesulitan mahasiswa dalam menggunakan formula statistik beserta penyebabnya. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester akhir program studi Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan. Sembilan mahasiswa terpilih menjadi responden penelitian. Metode deskriptif digunakan dalam melakukan penelitian ini. Dokumentasi, questionnaire dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa mendapat kesulitan dalam mengkalkulasikan dan menginterpretasikn data penelitian. Hal itu dapat dilihat dari data skripsi mahasiswa. Selain itu, mereka mendapat kesulitan dalam menggunakan koma dalam empat digit number. Sebagai tambahan, mereka juga mendapat kesulitan dalam membandingkan antara r table dan r kalkulasi. Bahkan, ada beberapa penyebab atas kesulitan mereka dalam menggunakan formula statistik untuk menganalisis data penelitian. Pertama dari semua, mahasiswa kurang hati-hati dalam mengkalkulasikan data penelitian. Kedua, mereka jarang membaca buku mengenai statistik dan penelitian. Ketiga, mereka jarang berlatih mengkalkulasikan data penelitian dan jarang bertanya kepada dosen mengenai hal apapun yang mereka tidak pahami.

 

 

Kata Kunci: kesulitan, formula statistik, data penelitian

 


References


BIBLIOGRAPHY

Borgman, and L. Christine. 2010. Research Data: Who Will Share What, With, Whom, When, and Why-Fifth China. North America Library Conference. Beijing.

Burnham, and Robert, Jr. 2012. Burnham’s Celestial Handbook: An Observer’s Guide To The Universe Beyond The Solar System. Amerika: Dover Publication.

Chandra, Obrina. 2005. Peran Statistik dalam penelitian tesis. [online]. Available [online] at : http://www.academia.edu/1746323/peran_statistik_dalam_penelitian (September 03, 2016)

Clark, Andrew. 2006. Anonymising Research Data. University Of Leed: ESRC National Centre for Research Methods.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Clark, Andrew. 2006. Anonymising Research Data. University Of Leed: ESRC National Centre for Research Methods.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Furchan, Arief. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan. Jakarta: Pustaka Pembelajar

Ghinis G, Korres K and Bersimis S. 2009. Difficulties Greek Senior High School Students Identify in Learning and The Teaching of Statistics: The Case of Experimental and Private High School. Journal of Statistics Education Volume 17, Number 3 (2009), www.amsatorg/publications/jse/v17n3/ghinis.html

Huang, Hidayat Ayat. 2012. Globalstats Academic- Definisi dan Manfaat Statistika [online]. Available:http//www.en.globalstatistik.com. [September 3, 2016]

Miles, B. Mathew. 1994. Quantitative Data Analysis, SAGE Publications, International Education and Professional Publisher. London

Irdiyansyah, Iyan. 2015. “Students’ Difficulties In Analyzing Experimental Statistics Data”. Jurnal Ilmiah Pendidikan. 227-232. Unpublished.

Riduwan, and Sunanto. 2007. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Rosset, Allion and Kendra Sheldon. 2001. Beyond the podium: Delivering Training and Performance to a Digital World. San Francisco: Jossey-Bass

Rumayanti, Yan. 2011. An Analysis on Students’ Difficulties in Using Gerund and Present Participle. Pakuan University, Bogor: Unpublished.

Saodih, and Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Spiegel, Murray J. 2014. Schaum’s Outline Of Probability And Statistics. McGraw-Hill Education: New York

Subana, et al. 2000. Statistik Pendidikan. Jakarta: Pustaka Setia

Sudijono, Anas. 1999. Pengantar Statistics Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2003. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Suwinto, Nurjayanti. 2011. An Analysis on Students’ Difficulties in Using Past Continous Tense. Pakuan University, Bogor: Unpublished

Ulfah, Maria. 2009. “Belajar Statistika: Mengapa dan Bagaimana”. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan. 1-8.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/pedagog.v2i1.739 Abstract views : 1100 views : 324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PEDAGONAL | JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.