PENGARUH KONSEP DIRI DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PGSD

Mira Mirawati, Nita Yunita

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  pengaruh konsep diri serta pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa PGSD kelas IVE dan IVF dengan jumlah sampel sebanyak 56 orang dengan teknik sampling jenuh. Metode yang digunakan yaitu survei dengan pendekatan kausalitas. Teknik analisis data menggunakan uji statistik korelasi, regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan taraf signifikansi 0,05.

Hasil penelitian menghasilkan tiga kesimpulan yaitu Pertama, terdapat pengaruh positif  dan signifikan antara konsep diri terhadap kemandirian belajar mahasiswa ditunjukkan dengan nilai  koefisien korelasi  ry1 = 0,596 dan persamaan regresi  . Kedua, terdapat pengaruh positif  dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar mahasiswa ditunjukkan dengan koefisien korelasi ry2= 0,482 dan persamaan regresi . Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara konsep diri dan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar mahasiswa ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi ry.12= 0,510 dan persamaan regresi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar mahasiswa dapat ditingkatkan melalui konsep diri dan pola asuh orang tua.

 

Kata Kunci: Konsep Diri, Pola Asuh Orang Tua, Kemandirian Belajar Mahasiswa, PGSD

 

ABSTRACT

This research to study the influence self-concept and parenting pattern toward student  learning independence. The research applied to PGSD students at IVE and IVF classes with 56 total samples, take with the saturation sampling technique. The conducted survey was using the causality approach. The technique data analysis used is the correlation statistical test, simple regression and double liniear regression. The hypothesis testing managed at the 0,05 significant rate.

The research dispatched three conclusions: First, there is a possitive and significant influence between self-concept toward  student  learning independence with the correlation coefficient  rxy = 59,6 and the regression equation .  Second, there is a positive and significant influence between parenting pattern toward student  learning independence with the correlation coefficient of rxy = 48,2 and the regression equation of  . Third, there is a positive and significant influence together between self-concept and parenting pattern toward student  learning independence with  the correlation coefficient  of rxy = 51,0 and the regression equation of  . The result of  this research  is  the student  learning independence can be improved by the self-concept and the parenting pattern.

 

Keywords: Self-Concept, Parenting Pattern,  Student Learning Independence, PGSD


References


DAFTAR PUSTAKA

Agustiani, Hendrianti. 2006. Psikologi Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri Pada Remaja). Bandung: Refika Aditama.

Amien, A. Mappadjantji. 2005. Kemandirian Lokal: Konsepsi Pembangunan, Organisasi dan Pendidikan dari Perspektif Sains Baru. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ali Mohammad dan Anshori Mohammad. 2009. Psikologi Remaja. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, Dewi Retno. 2005. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Siswa dalam Belajar Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Sumpiuh Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2005/2006. Skripsi Sarjana. Universitas Negeri Semarang.

Azra, Azyumardi. 2004. “Pergeseran Paradigma Pendidikan Indonesia Meresponi Globalisasi” pada Seminar Nasional Pendidikan Indonesia “Visi Pendidikan Indonesia: Menuju Indonesia Baru Melalui Pendidikan. Jakarta: Universitas Pelita Harapan.

Ayu Ratnasari, Gita. 2016. Hubungan Antara Motivasi dengan Kemandirian Belajar. Skripsi pada Universitas Pakuan. Tidak Diterbitkan.

Ayuba, Milka Pratiwi. 2013. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Konsep Diri Akademika Siswa. Skripsi pada Universitas Gorontalo.

Dariyo, Agnes. 2007. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama (Psikologi ATITAMA). Bandung: Refika Aditama.

Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Widowati, S. Nurcahayani Desy. 2013. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar, Kedewasaan dan Kedisiplinan Siswa dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sidoharjo Wonogiri. Skripsi pada Universitas Sebelas Maret.

Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara

Djamarah, Syaiful Bahri. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua & Anak Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Gaffar, Mohammad Fakry. 2004. “Pergeseran Paradigma Dalam Pembangunan Pendidikan Inonesia Di Masa Depan Untuk Menghadapi Tantangan Global “ pada Seminar Nasional Pendidikan Indonesia “Visi Pendidikan Indonesia: Menuju Indonesia Baru Melalui Pendidikan. Jakarta: Universitas Pelita Harapan.

Hasnida. 2014. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta: Luxima Metro Media

Holsten, Herman . 1987. Murid Belajar Mandiri. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Lestari, Sri. 2012. Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Kencana.

H. A.R, Tilaaar. 2004. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayati, Kana dan Listiyani, Endang. 2009. Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kalidjernih, Freddy K. 2010. Penulisan Akademik. Esai, Makalah, Artikel Jurnal Ilmiah, Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung: Widya Aksara Press.

Lintia, Shovia. 2015. Pengaruh Konsep Diri dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Skripsi. Sarjana. UIN Syarif Hidayatullah.

Kurniasih, Devi. 2015. Hubungan antara Konsep Diri dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika. Universitas Pakuan: FKIP. Tidak diterbitkan.

Markun, M. Enoch. 1985. Anak, Keluarga dan Masyarakat. Jakarta: Sinar Harapan.

Mardiatmadja, B.S. 2004. Universitas dan Pembangunan pada Seminar Nasional Pendidikan Indonesia “Visi Pendidikan Indonesia: Menuju Indonesia Baru Melalui Pendidikan. Jakarta: Universitas Pelita Harapan.

Masrun dan Martinah, S.M. 1986. Psikologi Pendidikan. Sei Pedagogik dan Psikolgi. Yogyakarta. Yayasan Fakultas Psikologi UGM

Muhidin, Sambas Ali. 2009. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia

Munandar, Sc. Utami. 1999. Kreatifitas dalam Keberbakatan. Jakarta. Gramedia Media Pustaka

Nazir, Moh. 1983. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Poerwanti, Endang. 2000. Pendekatan Kuantitatif dalam Penelitian Perilaku. Malang: Universitas Muhammadiyah.

Pritano, Duwi. Belajar Alat Analisis Data dan Cara Pengolahannya dengan SPSS. Yoyakarta: Gava Media.

Puspitaloka, Weni. 2016. Hubungan Antara Pola Asuh dengan Kemandirian Belajar. Universitas Pakuan: FKIP. Tidak diterbitkan.

Qudratullah, Mohammad Farhan. 2013. Analisis Regresi Terapan: Teori, Contoh Kasus dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.

Rakhmat, Jalaludin. 2009. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Riduwan & Engkos Achmad Kuncoro. 2007. Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta

Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

______.2015. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rosyadi, Rahmat A.H. 2013. Pendidikan Islam dalam Pembentukan Anak Usia Dini (Konsep dan Praktik PAUD). Jakarta: Rajawali Press.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sakti, Irawan. 2016. Pengaruh Konsep Diri terhadap Kemandirian Belajar Siswa kelas V se-Gugus Kecamatan Loano. Jakarta: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 33. Hal 13 -138.

Santa. 2017. Hubungan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran PKn SD dengan Keterampilan Dasar Mengajar di SD. Bogor: Jurnal Pedagogia. Vo. 9. Hal 616-623.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sufyarman. 2003. Kapita Selekta Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumarno, Utari. 2004. Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana dikembangkan pada Peserta Didik. Universitas Pendidikan Indonesia.

Syafaruddin. 2002. Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan. Konsep, Strategi dan Aplikasi. Jakarta. Grasindo.

Syam, W. Nina. 2012. Psikologi Sosial Sebagai akar Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Susana, Kristiyani. 2006. Melatih Anak Mandiri. Yogyakarta: Kanisius

Sugiyono. 2002. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Thalib, Symsul Bachri. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana.

Thoha, Chabib. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Penyusunan Pembaharuan dan Pengembangan Bahasa. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan Karakter. Bandung: Pustaka Setia.

Widarto. 2013. “Penelitian Ex Post Facto”. Makalah yang disampaikan pada Kegiatan Pelatihan Metodologi Penelitian Pendidikan. Univesitas Negeri Yogyakarta.

Yatim, Danny. I dan Irwanto. 1991. Kepribadian Keluarga Narkotika. Jakarta: Arcan.

Yerizon. 2013. Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Penggunaan Pendekatan Modifikasi APOS. Universitas Negeri Padang.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/pedagog.v2i2.851 Abstract views : 3764 views : 1174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PEDAGONAL | JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.